Thursday 21 June 2012

Keutamaan Hari Jum'at

Oleh Nasrullah.

    Maha Suci Allah dan Segala Puji Bagi Allah yang menciptakan ‘HARI’. Diantara hari yang diciptakan Allah, ada satu hari yang memiliki keutamaan dari semua hari, yakni hari Jum’at. Hari jum’at merupakan hari yang paling utama, karena pada hari itu Allah menurunkan rahmat dan berkahnya bagi umat Muslim.
Pada hari jum’at pula, Allah memerintahkan umat Muslim untuk mengingat Allah. Diantaranya dengan melaksanakan Ibadah Sholat Jum’at, dan berhenti sementara dihari itu segala urusan jual beli demi mengingat Allah dengan melaksanakan sholat.

Sebagaimana khatib sampaikan dalam khutbah Jum’at kali ini, “Jika seorang Muslim tidak melaksanakan sholat di hari Jum’at selama 3 kali berturut-turut, maka hati-nya akan tertutup. Juga dalam hari Jum’at, hendaknya urusan seperti jual beli maupun yang lainnya diwaktu itu dihentikan dan beralih dengan mengingat Allah. Di hari jum’at Nabi Adam.AS diciptakan, dan juga dimasukan ke surga dan juga diturunkan ke dunia bahkan meninggalkan dunia di hari jum’at.”

    Ada riwayat keutamaan Ju’mat yang disampaikan Imam Muslim dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi Muhammad.SAW bersabda. ”Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika Ia dimasukan ke dalam surga dan hari ketika Ia dikeluarkan dari surga. Dan hari Kiamat ini tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at. “ (HR.Muslim)

Di hari Jum’at itu pula ada beberapa waktu yang mana doa pasti akan dikabulkan Allah. Sebagaimana dalam  Ash-Shahihain, Abu Hurairah RA bahwa Rasullulan SAW bersabda, “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang Muslim melakukan shalat di dalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah Ta’ala, niscaya permintaannya akan dikabulkan.’ Lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukkan sedikitnya waktu itu. “ (HR.Bukhari dan Muslim).

Nabi Muhammad.SAW pun menganjurkan umat-nya untuk memperbanyak salawat rasul di hari jum’at. Dimana ada hadist Nabi Muhammad.SAW bersabda, “Siapa yang bersalawat atasku seratus kali pada hari jum’at, maka Allah akan mengabulkan enam puluh hajatnya. Tiga puluh hajat dunianya, dan tiga puluh hajat akhiratnya”. Hadist Riwayat Ash-Shaduq dari ayah-nya  Sa’ad dari Ahmad bin Abi Abdillah dari ayahnya dari Ahmad bin Abi al-Mundzir dari al-Hasan bin Ali dari Muhammad bin al-Fudhail dari Abi al-Hasan ar-Ridha as.

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls