Friday 8 June 2012

Hikmah Sholat


Oleh Nasrullah

Perintah Allah.SWT melalui nabi Muhammad.SAW dan juga para pengikut-Nya untuk menunaikan sholat 5 waktu dalam sehari ternyata ada banyak hikmah di balik semuanya. Sebagaimana yang diungkapkan Kia (ulama) dalam khutbah-Nya terhadap para jamaah masjid waktu jum’at.

Bulan Rajab ini adalah bulan bersejarah bagi umat Islam, Nabi Muhammad.SAW pada bulan Rajab melaksanakan Isra Mi’raj, dan dari sinilah awal bermulanya kewajiban bagi umat Muslim untuk melaksanakan sholat 5 waktu dalam sehari. Sebagaimana dalam firman-Nya terkait kewajiban sholat ini, “Dan dirikanlah sholat, karena sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar.” (Al-Ankabut:45).

Hikmah dari sholat, seseorang dapat terhindar dari perbuatan keji dan mungkar. Sebagaimana sebelum sholat, kita juga diperintahkan terlebih dahulu untuk bersuci dengan membasuh beberapa bagian tubuh agar bersih dari kotoran yang menempel di tubuh. Selanjut-Nya setelah bersuci, barulah menghadap Illahi dengan bersih dan suci.

Tidak ada manusia yang tidak pernah berbuat dosa, semua pasti pernah berbuat dosa. Untuk itu dengan sholat merupakan pembersih dari dosa-dosa yang telah dilakukan.

Nabi Muhammad.SAW mengumpamakan sholat 5 waktu ibarat sebuah sungai yang mengalir di depan dan belakang pintu rumah, Ia mandi disungai itu 5 kali dalam sehari semalam, jika mandi adakah kotoran ditubuhnya yang masih tersisa ?

Dari Abu Hurairah radliyallahu 'anhu berkata, aku mendengar Rasulullah shallalahu 'alaihi wasallam bersabda, “Menurut kalian seandainya ada sungai di depan pintu rumah salah seorang dari kalian di mana dia mandi di dalamnya setiap hari lima kali, apakah masih ada kotorannya yang tersisa sedikit pun?” Mereka menjawab,”Tidak ada kotoran yang tersisa sedikit pun.” Rasulullah saw bersabda, “Begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah menghapus kesalahan-kesalahan.” (HR. al-Bukhari dan Muslim).

Demikian satu diantara hikmah dari sholat dan masih banyak lagi. 

“Semoga kita bisa melaksanakan apa yang diperintahkan Allah.SWT terhadap kita, dan bersyukur pada-Nya atas diberinya petunjuk dan hidayah untuk dapat melaksanakan sholat 5 waktu setiap harinya. Semoga kita bisa istiqomah menjalani sholat kita disisa umur sebagai bekal untuk nanti”.


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls