Sunday 10 June 2012

Curahan Cinta Kasih Sayang Ilahi Dari Sosok Ibu


 Oleh : Nasrullah

Betapa besar keagungan Ilahi yang menciptakan anak manusia terlahir ke dunia, dimulai dari proses awal pembentukan-nya dari setetes air menjadi segumpal darah lalu menjadi daging. Hingga dalam durasi waktu tertentu, terlahirlah Ia menjadi anak manusia berupa bayi mungil.



“Dari setetes air selama 40 hari, menjadi segumpal darah selama 40 hari, hingga menjadi daging selama 40 hari. Maha Suci Allah, dari sinilah terdapat tanda-tanda kebesaran Illahi yang menggenggam seluruh jiwa anak manusia. Yang maha menghidupkan lagi maha mematikan.” Allah yang memberikan kehidupan bagi umat manusia.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :
“Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. “ (At Tin : 5)

“Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah. “ (Shad :71)
 “Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan saripati itu air mani (yang disimpan) dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang berbentuk (lain). Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik.” (Al Mukminun : 12-14)

“Wahai manusia, jika kamu dalam keraguan tentang kebangkitan (dari kubur), maka ketahuilah sesungguhnya Kami telah menjadikan kamu dari tanah, kemudian dari setetes mani, kemudian dari segumpal darah, kemudian dari segumpal daging yang sempurna kejadiannya dan yang tidak sempurna, agar Kami jelaskan kepada kamu dan Kami tetapkan dalam rahim, apa yang Kami kehendaki sampai waktu yang telah ditentukan, kemudian Kami keluarkan kamu sebagai bayi … .” (Al Hajj : 5)

Dalam proses awal kehidupan anak manusia, Allah membentangkan curahan kasih sayang-nya saat seorang anak berada di alam rahim seorang Ibu. Bahkan hingga seorang bayi terlahir ke dunia untuk menjalani kehidupan-nya sebagai khalifah Allah, menjadi hamba Allah dengan selalu menyembah Allah dan bersaksi bahwa Nabi Muhammad.SAW adalah rasul-nya dan mengikuti ajaran yang dibawa beliau. 

“Dari setetes air susu seorang Ibu, mengalir menjadi darah dan daging seorang anak hingga tak akan pernah bisa seorang anak membalas jasa yang diberikan Ibu.”

Makna curahan asuhan Illahi melalui dua malaikat-nya berupa seorang Ibu. “Pada dasar-nya manusia tiada daya dan upaya. Dimana Ia dalam kehidupannya hanya bergantung dan bersandar kepada Allah sang pencipta-nya. (Tiada daya dan upaya melainkan atas pertolongan Allah).”

Seorang yang ingat kepada Allah dalam setiap hirupan keluar masuknya nafas, tentunya dirinya merasa tiada daya dan upaya. Karena seluruh gerak hidup dan diam-nya pada hakikatnya hanya Allah yang mengatur dan menggerakannya dengan sifat-nya yang maha sempurna lagi kasih dan sayang. Karena seorang yang mendapatkan curahan cinta kasih dan sayang Illahi tentunya pasti dirinya orang yang baik. Karena kebaikan berasal dari Allah, sementara keburukan berasal dari dirinya sendiri.

Curahan asuhan Illahi kepada seorang anak manusia yang dikasihi dan sayang-nya tentunya melebihi kasih sayang orang tuanya terhadap anaknya baik dari ayah maupun Ibu. “Seorang Ibu mencurahkan kasih sayang-nya terhadap anak-nya dengan mentimang-timang, memberikan air susunya, merawatnya siang malam hingga membesarkan. Bahkan rela berkorban berjuang demi anak-nya dan keutuhan keluarganya. Pada hakikatnya, Allah jugalah yang membentangkan curahan asuhan kasih sayang-nya melalui seorang Ibu”.

“Ya Allah ampunilah dosa dan kesalahan orang tua kami, naungilah kami selalu dengan bentangan curahan cinta kasih sayangmu terhadap mereka sebagaimana mereka menjaga dan merawat kami sewaktu kecil.”   Ya Allah naungilah orang-orang yang saling cinta, kasih, dan sayang karena Allah. Dan bentangilah kami selalu dengan cinta, kasih dan sayangmu."

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls