Sunday 7 May 2017

Tafakur di bulan Syaban

Bulan Syaban, pada bulan inilah Allah.SWT mengangkat amal kebaikan seseorang ke hadiratNya. Di Bulan ini Allah membentangkan MaghfirahNya kepada seluruh umat manusia karena Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang. Di bulan Syaban sangat terasa jejak Rasulullah.SAW yang memantau kondisi umat baik di dunia sampai akhirat dari perjalanan Isra Mir’ajnya di bulan Rajab, bahkan diriwayatkan beliau pernah menangis melihat kondisi umat yang sudah melampaui batas dan bersyukur ke hadirat Allah akan kondisi umatnya yang masih bertaqwa dan beriman kepada Allah.
Takut kepada Allah karena memang hanya kepada Allah saja khauf takut disandarkan. Kepada Allah kamu harus takut karena sesungguhnya siksa Tuhanmu sangat keras. Tafakur di bulan Syaban, bagaimana suatu daerah yang dholim mendapatkan bala dan bagaimana nasib kita di akhirat kelak saat di hisab ?
Firman Allah:
Sungguh kejadian itu cukup menjadi peringatan bagi orang yang takut dari siksa akhirat. Itulah hari dimana dikumpulkan sekalian manusia, dan itulah hari yang disaksikan oleh semua makhluk. Dan tiada Kami undurkan, hanya untuk massa yang tertentu, pada hari dimana tiada jiwa yang dapat berkata-kata, kecuali dengan izinNya, maka ada yang sial celaka dan ada yang untung bahagia. Adapun orang yang sial, maka dalam api neraka sehingga terdengar suara nafas yang bagaikan suara jeritan. (Hud 102, 103, 104, 105, 106).
Firman Allah:
Pada hari di mana tiap orang akan lari dari saudaranya, dan ibu-bapaknya, dan istri (kekasihnya) dan putra-putranya bagi masing-masing mereka ada mempunyai urusan sendiri-sendiri.
 (Abasa 34-37).
Firman Allah:
Hai sekalian manusia bertaqwalah kepada Tuhanmu, sesungguhnya kegoncangan hari qiyamat itu sangat besar. Pada hari kamu mengalaminya, akan lalai tiap ibu yang menyusui anaknya, dan tiap orang yang hamil akan keguguran kandungannya, dan  kau melihat manusia mabuk, padahal tidak namun siksa Allah pada waktu itu sangat keras. (Al-Haj 1-2)
Tafakur di bulan syaban dengan membayangkan dan merenungkan bagaimana kalau semua itu mengenai diri kita tentu takut sontak kita istighfar minta ampun kepada Allah. Hidup di dunia hanya sementara , keutamaan takut menangis karena takut kepada Allah. Janji Allah dan Rasulullah.SAW melalui pesannya bahwa,
Abu Hurairah RA berkata: Bersabda Rasulullah.SAW: Tidak akan masuk ke dalam neraka seorang yang pernah menangis karena takut kepada Allah, hingga dapat kembali air susu ke asalnya.Dan tidak akan dapat berkumpul debu dalam jihad fisabilillah dengan asap neraka Jahanam. (Attirmidzy).

Istighfar Minta Ampun kepada Allah.
Firman Allah:
Mintalah Ampun untuk dosamu.
Firman Allah:
Mintalah ampun kepada Allah, maka Allah pengampun dan penyayang.
Firman Allah:
Bertasbilah dengan tahmid kepada Tuhanmu, dan minta ampunlah kepadaNya, sesungguhnya Ia maha pengampun (penerima tobat).
Firman Allah:
Allah tidak akan menyiksa mereka selama kau ada di tengah-tengah mereka dan Allah tidak akan menyiksa mereka selama mereka meminta ampun.
Persediaan dari Allah bagi kaum mu’minin di syurga dan orang-orang yang pastinya sudah di jauhkan dari neraka mereka yang pernah menangis takut kepada Allah.SWT.
Firman Allah:
Sesungguhnya orang yang taqwa berada di tingkat yang aman dalam syurga, dan sumber kesenangan, memakai pakaian sutra dan berkilat berhadap-hadapan. Demikian pula kami mengawinkan mereka dengan bidadari. Dapat diminta segala buah dengan rasa aman. Tidak akan mati, kecuali mati yang dahulu itu, dan mereka telah dihindarkan dari neraka jahim. Sebagai kurnia dari Tuhanmu, itulah keuntungan yang besar.
Firman Allah:
Hai HambaKu kini tidak ada rasa takut dan kesedihan bagi kamu. Mereka yang percaya pada ayat-ayatKu dan telah menyerahkan diri (muslim). Masuklah kamu ke syurga kamu dan isterimu, kamu dimulyakan. Dihidangkan keliling pada mereka talam mas dan gelas-gelas, dan didalamnya apa yang diinginkan oleh selera nafsu dan menyenangkan mata, dan kamu didalamnya kekal selama-lamanya. Itulah syurga yang telah diwariskan kepada kamu, karena amal perbuatanmu. Untuk kamu di syurga ada buah-buahan yang banyakk sekali, daripadanya kamu makan.
Alhamdulillahirabbil alamin.




No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls