Saturday 6 May 2017

Bulan Syaban Jajaki Maqam Inabah dan Tobat Guna Raih Ridho Illahi

 Alhamdulillah sudah memasuki bulan Syaban, sekitar seminggu lagi kita melaksanakan malam nisfu syaban yang tahun 2017 ini Insya Allah kata Guru yang menyampaikan tausyiah dalam jadwal ceramahnya setiap hari senin petang di Langgar Musholah Darul Aman kemarin,  sembahyang atau sholat nisfu syaban bakal dilaksanakan pada malam Jum’at.
“Bulan Rajab adalah bulan Allah, Bulan Syaban Bulan-Ku, dan Bulan Ramadhan Bulan UmatKu”. Menonjol menampak diantara dua bulan, Ramadhan dan Rajab. Keutamaan bulan Syaban termasuk bulan yang dimuliakan Allah dan memiliki keutamaan yang sangat besar dan banyak. Contohnya catatan kehidupan kelompok atau sosok manusia yang kehidupannya berhasil sukses tercatat dalam  sejarah. Karena itulah bulan Rajab dan Syaban adalah bulan bersejarah bagi seluruh muslimin dan muslimat. Untuk itu patutlah kita yang hidup pada generasi saat ini untuk mengenang keistimewaan yang sudah dianugerahi Allah.SWT terhadap mereka umat muslim terdahulu dari mulai datu bahari juga para guru yang telah berhasil beramal ibadah berkat meneladani Rasulullah.SAW dan mengikuti jejaknya di bulan ini dalam riwayatnya di malam Isra Mir’aj manusia pilihan Allah.SWT. Rasulullah.SAW memantau kondisi umatNya melalui perjalanan pandangan waktunya karena Allahu Awal dan Akhir.
Di bulan Syaban ini terus kita tingkatkan taqwa dan keimanan kita kepada Allah.SWT dengan melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Meneladani Rasulullah.SAW dengan melaksanakan ketaatan dan amal ibadah yang telah disyariatkan secara umum diantaranya seperti kembali kepada Allah (Inabah) dan Tobat. Menjajaki kedua Maqamat itu dengan istighfar memohon ampunan maghfirah Allah guna mengkikis khilaf kesalahan yang pernah terjadi sebelumnya. Disamping itu melaksanakan sholat dari mulai sholat fardhu hingga sholat sunah pada seperempat malam harinya. Berpuasa, Sedeqah, Membaca Al-Qur’an dan Shalawat kepada junjungan baginda Rasulullah.SAW yang kita cinta, kasih, dan sayang karena Allah. Karena di bulan Syaban inilah amal kebaikan seseorang diangkat ke hadirat Allah.SWT.
Yaa Allah ampunilah kami atas kesalahan khilaf kami karena kejahilan. Bentangilah MaghfirahMu kepada diri kami Illahi Rabbi. Illahi Anta Maksudi Wa Ridhhoka Matlubi Attini Mahabahtaka Wamarifataka.
Bulan Syaban seiring dengan momentum Hari Pendidikan, memandang mereka yang meneladani Rasulullah.SAW dari aspek metodologis data kualitatif yang kita kemas dalam struktur hyphocampus para tokoh infrontalis garis depan diantaranya Tokoh Pendidikan Di Indonesia yakni Ki Hadjar Dewantara, sosok manusia yang telah berhasil dengan jasa-jasanya di dunia pendidikan di negara ini hingga menjadi seorang yang patut ditiru dan digugu atau menjadi teladan bagi para guru dan pelajar di Indonesia.
KI Hadjar Dewantara dalam riwayatnya adalah seorang penulis, pewarta, dan pernah aktif di bidang komunikasi dan informasi serta publikasi. Hingga mendalami teknik komunikasi yang bersifat interaktif dan mampu memandang waktu lewat karyanya yang lekat komunikatif di publik. Di masanya ia perduli dengan masih banyaknya orang yang buta aksara sehingga berusaha terus memberantasnya.  
Ulama Arifin Billah KH.Abdul Ghani , RA(Guru Sekumpul) dalam riwayatnya adalah ulama yang memiliki charisma lagi  arif dalam kewilayahannya di Martapura Banjarmasin Kalsel. Beliau sosok yang bijaksana hingga dicinta, kasih, dan sayang ribuan muridnya. Guru yang mampu membimbing murid maupun seseorang yang ada di wilayahnya untuk bertaqwa kepada Allah dan mencintai Rasulullah.SAW. Yaa Allah semoga engkau selalu tinggikan derajatnya dan berdampingan dengan Rasulullah.SAW diakhirat nanti.  
Ulama Arifinbillah KH.Showibul Wafa Tajul Arifin, RA dalam riwayatnya adalah ulama yang mampu menyadarkan seluruh santrinya ke jalan yang benar. Beliau pengasuh pondok pesantren Surayala di Tasikmalaya yang mentalqin zikir melalui kalimat tauhid Laa Illaha illaallah kepada setiap santri yang mondok disana. Sifat lathif kelembutan sosok guru yang kami cinta kasih dan sayang semata-mata karena Allah semoga Allah dan Rasulullah.SAW selalu beserta beliau baik di dunia hingga akhirat nanti. Terima Kasih Guru atas Inabah dan Tobatmu serta keikhlasan dan Ridho Allah yang selalu menjadi tujuan hidup kami.


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls