Wednesday 10 May 2017

Senandung Burdah Merdu Terdengar (Melo Sampai Menangis Takut Kepada Allah)

Jama’ah Majelis Ilmu di Mushollah Darul Salam yang terletak di Desa Perintis Raya Rantau secara kontinyu mengumandangkan Qasidah Burdah yang terdiri dari 160 bait setiap hari Rabu Ba’da Maghrib. Lantunan syair bait memiliki sastra tingkat tinggi merdu terdengar menyampaikan pesan-pesan etika, mengundang simpatik dan hormat sebagai tanda hallikhwal  kecintaan umat kepada Rasulullah.SAW.

Pengarang qashidah Burdah ialah al-Imam Al-Bushiri (610-695H/1213-1296 M). Nama lengkapnya Syarafuddin Abu Abdillah Muhammad bin Zaid Al-Bushiri. Selain menulis Burdah, Al-Bushiri juga menulis beberapa qashidah lain. Di antaranya Al-Qashidah Al-Mudhariyah dan Al-Qashidah Al-Hamziyah. Al-Bushiri adalah keturunan Berber yang lahir di Dallas, Maroko, dan dibesarkan di Bushir, Mesir. Ia murid sufi besar Imam Asy-Syadzili dan penerusnya yang bernama Abul Abbas Al-Mursi, tokoh Tarekat Syadziliyah. Di bidang fiqih, Al-Bushiri menganut Madzhab Syafi‘i, madzhab fiqih mayoritas di Mesir. Di masa kecilnya, ia dididik oleh ayahnya sendiri dalam mempelajari Al-Quran, di samping berbagai ilmu pengetahuan lainnya. Kemudian ia belajar kepada ulama-ulama di zamannya. Untuk memperdalam ilmu agama dan kesusastraan Arab, ia pindah ke Kairo. Di sana ia menjadi seorang sastrawan dan penyair yang andal. Kemahirannya di bidang syair melebihi para penyair pada zamannya. Karya-karya kaligrafinya juga terkenal indah.

10 pasalnya tak sekedar menyajikan sejarah perjuangan Rasulullah.SAW .Tetapi juga memberikan pendidikan, ajaran tasawuf tentang Noor Muhammad dan pesan moral mendalam. Sehingga dipercaya memiliki kekuatan ghaib yang luar biasa karena Allahu Arif Alimul Ghaibi Wa Syahadah sehingga tak jarang dibacakan pada majelis Ilm di wilayah Al Banjari.
·        
  1.   Kecintaan (Hallikhwal) kepada Rasulullah SAW  (Hasrat Cinta Dan Senandung  Rindu-Keanggunan Kepada Rasulullah.SAW)
  2. ·Peringatan dari godaan hawa nafsu
  3.  Puji – pujian kepada Nabi Muhammad SAW (Sifat Kemuliaan Dan Kebesaran  Baginda Rasulullah.SAW)
  4. Kelahiran Rasulullah SAW
  5. Mukjizat Rasulullah SAW
  6. Kemulian kitab suci Al Quran dan pujian atasnya
  7. Perjalanan Isra Mir’aj Baginda Rasulullah.SAW
  8. Perjuangan Rasulullah.SAW
  9. Tawasul kepada Rasulullah.SAW
  10. Munajat dan menyampaikan hajat

Dibaca jamaah sebagai amalan khusus pada malam kamis secara kontinyu terus menerus agar mendapatkan syafaat Rasulullah Muhammad.SAW yang kita cinta kasih dan sayang semata-mata karena Allah sekaligus Maghfirah Allah.
Qashidah ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa, seperti Persia, Turki, Urdu, Punjabi, Swahili, Pastum, Melayu, Sindi, Inggris, Prancis, Jerman, dan itali.
Di Hadramaut dan di daerah Yaman lainnya, diadakan pembacaan qashidah Burdah setiap shubuh hari Jumat atau ashar hari  selasa. Sedangkan Ulama Al Azhar  di Mesir banyak yang mengkhususkan hari kamis untuk pembacaan burdah dan mengadakan kajian serta penjelasan tentangnya. Sampai kini masih diadakan pembacaan burdah di mesjid – mesjid besar di Kota Mesir, seperti Masjid Imam Al-Husain, Masjid As-Sayyidah Zainab. Di negara Syam (Syiria), majelis –majelis qashidah Burdah juga diadakan di rumah - rumah dan di masjid - masjid yang di hadiri ulama besar. Di Maroko pun biasa diadakan majelis besar untuk pembacaan qashidah Burdah.      
Pendapat Ulama’ Tentang Burdah
Burdah dapat dikatakan qasidah penting dalam pujian kepada Baginda Rasul SAW. Karena itu para ulama diseluruh dunia Islam menyambutnya dengan hangat. Qashidah Burdah memang dikenal akan keindahan kata-katanya. Dr. De Sacy, seorang ahli Bahasa Arab di Universitas Sorbonne, Prancis, memujinya sebagai Karya puisi terbaik sepanjang masa.

Yaa Allah semoga kami dapat bertemu dengan Rasulullah.SAW yang kami cinta kasih dan sayang karena Allah. Dan selalu dalam curahan asuhan kasih sayangMu melalui cahaya noor Muhammad.SAW dalam setiap gerak, pikir, dan zikir. Menjadikan diri kami tempat persinggahanMu melalui wasilah beliau dengan berkat meneladani Rasulullah.SAW. Amin.

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls