Friday 5 May 2017

Mendoakan Sesama Muslim


Pada hari jum’at kali ini,  khatib jum’at di daerah kami mengangkat tema tentang keutamaan mendoakan saudara kita sesama muslim yang diawali dengan Amanah Rasulullah.SAW dalam khutbahnya untuk mengajak seluruh jama’ah sholat jum’at agar selalu meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan terhadap Allah.SWT. “Jadikan hari ini lebih baik dari kemarin dan besok harus lebih baik lagi.”
Shalawat dan Salam semoga selalu tercurah kepada baginda Rasulullah.SAW beserta sahabat, keluarga, dan  pengikut beliau hingga akhir  nanti. Semoga pula kita yang melaksanakan sholat jum’at kali ini mendapatkan sa’at mustajab dari Allah.SWT.
Manfaat mendoakan saudara-saudara kita sesama muslim. Mendoakan sesama muslim akan mengundang  pahala yang besar. Dan kita yang mendoakan akan mendapatkan kebaikan yang sama berkat doa kita dan pasti dikabulkan ALLAH.SWT.
Allah Ta’ala berfirman:
وَالَّذِينَ جَاؤُوا مِن بَعْدِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالإِيمَانِ وَلا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلاًّ لِّلَّذِينَ آمَنُو
“Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor), mereka berdoa: “Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman.” (QS. Al-Hasyr: 10)
Allah Ta’ala berfirman tentang doa Ibrahim -alaihishshalatu wassalam-:
رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ
“Wahai Rabb kami, beri ampunilah aku dan kedua ibu bapaku dan semua orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” (QS. Ibrahim: 41)
Allah Ta’ala juga berfirman tentang Nuh -alaihishshalatu wassalam- bahwa beliau berdoa:
رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ
“Wahai Rabbku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke dalam rumahku dalam keadaan beriman, dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan.” (QS. Nuh: 28)
Dan juga tentang Nabi Muhammad -alaihishshalatu wassalam- dimana beliau diperintahkan dengan ayat:
وَاسْتَغْفِرْ لِذَنبِكَ وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

“Dan mohonlah ampunan bagi dosamu dan bagi (dosa) orang-orang mukmin, laki-laki dan perempuan.” (QS. Muhammad: 19)
Sebagaimana Rasulullah.SAW bersabda:
“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama,” (HR.Muslim)
Yaa Allah bentangkanlah Maghfirah ampunanMu kepada diri kami dan orang tua kami lantaran kejahilan dan kelalaian kami, dan Bentangilah Cinta Kasih dan SayangMu terhadap diri kami, orang tua kami, anak istri kami, keluarga kami, saudara-saudara kami, yang ada disekitar kami, guru-guru kami, dan para pimpinan kami yang semuanya kami cinta kasih dan sayang semata-mata karena Allah. Lindungilah kami Yaa Allah dari AzabMu, kemurkaan dan kebencianMu terhadap diri kami,  naungilah kami  Yaa Allah Yaa Rahman Yaa Rahim yang saling mencintai kasih dan sayang semata-mata karena Allah.
Yaa Allah berilah kami petunjuk dan hidayahMu kepada diri kami berupa Ilmu Pengetahuan yang berguna lagi bermanfaat di dunia dan akhirat Yaa Arif Yaa Alimulghaibi Wa Syahadah Yang Kami Cinta Kasih dan Sayang Karena Allah. Berilah kami Hidayah dan InayahMu untuk dapat istiqomah taat lagi ingat selalu kepadaMu dan terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadapMu.
Yaa Allah kabulkan doa kami dan bentangilah kami rizki yang luas lagi banyak dan bimbinglah kami menggunakannya di jalanmu Yaa Allah Yaa Razaaq Yaa Ghani Yaa Wakil Yaa Rahman Yaa Rahim Yaa Lathif. Yaa Allah tetapkanlah tujuan kami kepadaMu dan bentangilah keridhoanMu kepada kami disini. Amin.



No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls