Friday 16 September 2016

Seruan Adzan Keras Lantang Ajak Muslimin Melaksanakan Hak Allah.SWT

Firman Allah: Sembahlah kepada Allah dan jangan menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun, dan terhadap kedua ayah bunda harus berlaku baik (membantu). (An Nisa 36)

Imam dan Khatib Jum’at diawal khutbahnya mengajak para jamaah untuk meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan terhadap Allah.SWT. Selain itu,  melaksanakan Hak Allah.SWT atas diri dengan mentauhidkan Allah yaitu hanya menyembah Allah dan tidak menyekutukannya dari apapun. (Tiada Tuhan Selain Allah dan Nabi Muhammad Utusan Allah).

Dalam riwayat Abu Sufjan, ketika ia ditanya oleh raja : Apakah yang diperintah oleh Nabi? Jawab Abu Sufjan: Menyuruh kami menyembah Allah dan tidak menyekutukanNya dengan suatu apapun, dan menyuruh sembahyang, juga berkata benar, sopan dan menghubungi sanak kerabat family. (Buchary Muslim)

Subhanallah (Maha Suci Allah)- Kumandang adzan menyeru lantang sempurna fasih lagi terdengar merdu dari suara Muadzin mengajak umat muslim untuk melaksanakan kewajibannya sholat fardhu jum’at secara berjamaah di Masjid Agung Rantau. Curahan Rahmat kasih sayang Allah tercurah getarkan hati.

Abdullah bin Abdurahman bin Abi Sho’sho’ah berkata: Abu Sa’id Alchudry berkata padanya: Saya perhatikan kau suka di dusun di tengah-tengah kambingmu, maka jika kau di hutan dan di antara kambingmu, lalu beradzan untuk sembahyang maka keraskan suaramu. Sesungguhnya tiada sesuatupun yang mendengar suara mu’adzzin, baik ia berupa jin atau manusia atau lain-lainnya melainkan pasti akan menjadi saksi baginya di hari qiyamat. Demikianlah yang saya dengan dari Rasulullah.SAW (Buchary)

Abdullah bin Amru bin Al-‘Ash R.A. Mendengar Rasulullah.SAW bersabda: Jika kamu mendengar adzan, maka bacalah sebagaimana yang dibaca mu’adzzin, kemudian bacalah shalawat kepadaku, maka sesungguhnya siapa yang membacakan shalawat kepadaku satu kali, Allah akan memberikan rahmat padanya sepuluh kali, kemudian mintakan kepada Allah untukku ALWASILAH yaitu suatu derajat di surga yang disediakan oleh Allah untuk seorang hambaNya, dan saya mengharap semoga sayalah yang mendapatkannya. Maka siapa yang memintakan kepada Allah untukku WASILAH pasti berhak mendapat syafa’atku. (muslim)                                                                                                                                                                


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls