Thursday 22 September 2016

Manfaat Sedeqah Ikhlas Karena Allah


Derma Sedeqah merupakan amal perbuatan mulia yang pahalanya di sisi Allah sangat besar. Apalagi seseorang yang berniat sedeqah secara ikhlas semata-mata hanya untuk mengapai keridhoan Allah.SWT pastinya lebih tinggi nilai balasannya.

Pahala sedeqah ini akan terus mengalir dari hulu ke hilir seiring berputarnya roda kehidupan hingga akhir zaman, Mereka hidup bak Wakil Allah di muka bumi kendati dirinya telah meninggal dunia selama harta yang disedeqahkan atau ilmu yang diberikan masih dimanfaatkan kaum muslimin lainnya untuk melaksanakan ketaatan terhadap Allahuta’ala.

Sebagaimana Firman Allah.SWT : Tiada kamu membelanjakan sesuatu, melainkan Allah akan menggantikannya. (Saba’39)

Dan tiada kamu derma dari sesuatu, melainkan hasilnya pahala dan keuntungannya untuk dirimu sendiri, dan tiada kamu berbelanja kecuali untuk mengharap keridho’an Allah. Dan tiada kamu sedekah sesuatu kebaikan melainkan akan dikembalikan penuh kepadamu. Sedang kamu tidak dirugikan. (Al-Baqarah 272).

Firman Allah :
Dan semua yang kamu sedekahkan dari harta, maka Allah maha mengetahuiNya. (Al-Baqarah 273)

Abu Hurairah RA berkata: Bersabda Rasulullah SAW, “Tiap-tiap para hamba Allah menempuh waktu paginya tentulah ada dua Malaikat yang turun berdo’a: Yang satu berdo’a: Ya Allah berilah ganti (balasan yang berlipat) pada orang yang suka memberi (dermawan). Yang kedua berdo’a: Yaa Allah berilah pada orang yang kikir itu kehancuran kemusnahan (pada hartanya). (Buchary Muslim)

Sebaliknya kikir bakhil mendapatkan ancaman keras bagi orang-orang kikir seperti mereka.

Seperti orang yang mendapatkan karunia Allah berupa rezeki berlimpah namun dirinya kikir tanpa mau sedeqahkan hartanya di jalan Allah. Demikian pun orang yang dinugerahkan Allah berupa ilmu pengetahuan namun tak dapat memberikan solusi yang tepat hingga tak berguna bagi kehidupan.

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls