Wednesday 28 September 2016

Hormati Tamudan Jangan Ganggu Tetangga

 Haulan Orang Tua dan Para Leluhur daerah ini dilaksanakan berbarengan dengan pelaksanaan Ibadah Haji. Diantaranya acara haulan Datu Syekh Salman Al Farisi RA, dengan mengundang (Seruan) orang banyak untuk selamatan sekaligus syukuran ke hadirat Allah.SWT. 
Dalam acara tersebut secara bersama-sama mengumandangkan Shalawat Nabi SAW, Tahlil, Doa, Syukuran, sampai dengan memperbanyak hidangan makanan-makanan lezat, bergizi, dan nikmat.

Subhanallah, sesuai dengan sunah Nabi Muhammad.SAW pada pasal memperbanyak peserta pada hidangan.

Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: Makanan dua orang mencukupi tiga orang, dan makanan tiga orang cukup buat empat orang. (Buchary, Muslim)

Djabir RA berkata: Saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda: Makanan seorang mencukupi dua orang, makanan dua orang cukup buat empat orang, dan makanan empat orang cukup buat delapan orang. (Muslim)

Warga penduduk desa dan Majelis Ta’lim bersama mengundang kalangan Habib, Alim Ulama, Cendikia Muslim,  Pejabat Pemerintah, Tokoh Masyarakat, hingga Warga Masyarakat di rumah dan masjid tempat dilaksanakannya haulan. Dan pastinya mereka kalangan orang-orang yang menghormati tamu yang hadir.

Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: Siapa yang percaya pada Allah dan hari kemudian, maka jangan mengganggu tetangganya, harus menghormati tamunya, harus berkata baik atau diam. ( Buchary Muslim)

Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah SAW bersabda: Hai wanita muslimat, jangan merasa rendah kalau ingin memberi hadiah pada tetangga, walau sekedar kikil (ujung kaki) kambing. (Buchary Muslim)

Abu Hurairah RA berkata: Bersabda Nabi SAW: Demi Allah Tidak Beriman 3 x. Ditanya: Siapakah Ya Rasulullah ? Jawab Nabi: Ialah orang yang tidak aman tetangganya dari gangguannya. (Buchary, Muslim)

Dalam riwayat Muslim: Tidak akan masuk surga, siapa yang membuat tetangganya tidak aman dari gangguannya.


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls