Sunday 1 September 2024

Pj.Bupati Tapin dan Ketua TP-PKK Tapin Hadiri Undangan Haul KH.Yajid Fahmi




TAPIN, KALSEL,-majalahdetektif.com; PJ Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, M.Pd bersama Istri yang juga Ketua TP-PKK Tapin Hj.Masrupah menghadiri undangan warganya di jalan pelita Rangda Malingkung Kecamatan Tapin Utara dalam acara haul pertama (Ke-1) Almukaram KH.Yajid Fahmi. Sabtu (31/8) pagi kemarin, bertempat di langgar At Taqwa.


Kehadirannya sebagai bentuk implikasi penghormatan terhadap Baginda Rasulullah.Saw dan para pewaris ilmunya Al Mukaram KH.Yajid Fahmi seorang Ulama di Tapin dan ini menunjukan adanya dukungan dari pemerintah terhadap kegiatan keagamaan dan tradisi masyarakat Tapin Kalsel. Bahkan sampai hubungan asmara keluarga PJ Bupati Tapin dan Ketua TP-PKK Tapin yang didasari perasaan cinta, kasih, sayang semata-mata karena Allah. Mencintai dan menjadikan teladan baginda Rasulullah semata-mata karena Allah.

Berkat hal ini, Allah menganugerahi mereka titian struktur hallikhwal dalam membawa keluarga menuju sakinah, mawadah, warahmah. Karena syarat untuk mendapatkan anugerah hallikhwal dari Allah ta'ala berdasarkan Cinta (Mahabah).  Bertahap berjenjang lintasi hallikhwal menuju kasih (pengasih), sayang (penyayang), rindu, anggun (keanggunan) hal pemalu, sabar, dan lainnya. Berkat hal inilah dirinya menjadi pemimpin yang arif bijaksana dan terdepan yang tak lepas kemungkinan disayangi umat.



Kumandang dzikir serta lantunan maulid habsy berisi shalawat terhadap baginda Rasulullah.Saw dan doa para muslimin- muslimat di Majelis I'lm langgar at taqwa yang berharap Maghfirah dan Ridho Allah ta'ala. Hal ini menunjukan implikasi untuk menjaga kedekatannya dengan teladan Nabi Muhammad.Saw pada zuriatnya kalangan habib dan para pewaris ilmunya yaitu alim ulama yang terbiasa menata pola hidup sederhana di wilayahnya agar dapat melaksanakan Hak Allah atas diri hingga selalu menjadi sasaran nikmat curahan asuhan rahmat cinta kasih sayang Allah ta'ala. Sebaliknya dijauhi dari bala bencana dan musibah umat muslim.


Keluarga KH.Yajid Fahmi bersyukur kepada Allah ta'ala atas nikmat anugerah hallikhwal berupa kerinduan terhadap beliau seraya berharap KH.Yajid Fahmi mendapatkan derajat yang tinggi disisi Allah.


“Kami keluarga almarhum KH.Yajid Fahmi mengucapakan terima kasih atas bantuan dan kehadirannya di acara haul pertama ini. Semoga semua yang hadir mendapatkan balasan dari Allah ta'ala,”kata keluarga di acara.


Hadir dalam acara pimpinan Ponpes Darul Mustafa KH.Ahmad Barmawi atau Guru Kulur, pimpinan Ponpes Subulussalam desa Pematang Karangan KH.Hasnan Cangkring, serta Habaib dan Alim Ulama di Tapin.


Pj Bupati Muhammad Syarifuddin, M.Pd mengatakan dalam sambutannya dengan hadir di acara haul KH.Yajid Fahmi ini kita dapat bersilahturahmi sekaligus juga kita dapat lebih memahami aspirasi dan kebutuhan masyarakat. Diacara haulan ini, kita bershalawat terhadap baginda rasulullah.saw, sahabat, keluarga zuriat beliau hingga akhir zaman nanti.


“Berkat shalawat terhadap baginda Rasulullah.Saw. Insya Allah daerah kita akan damai, aman, dan kondusif.,”katanya 


Apalagi kemarin, lanjut dikatakan Pj.Bupati Tapin, pasangan calon baik di Kabupaten Tapin dan Provinsi Kalimantan Selatan sudah mulai tampil berlaga dengan harapan Pilkada di daerah kita kondusif dapat berjalan lancar, aman, dan damai.


“Mudah-mudahan kedepan dapat menghasilkan pemimpin yang terbaik bagi daerah kita untuk terus memajukan agama Islam didaerah kita,”katanya.


KH.Hasnan Cangkering dalam tausyiahnya menyampaikan sosok diri Al Mukaramah KH.Yajid Fahmi pria kelahiran tahun 1958 di Desa Tambaruntung-Pematangkarangan Kecamatan Tapin Tengah. Semasa kecilnya sudah memiliki pengetahuan ilmu agama. Sampai dirinya selanjutnya ke Tsanawiyah Cangkering hingga ke Ponpes Pemangkih yang pengasuhnya H.Mahfuzh Ibnu Amil Pemangkih.


“Beliau KH.Yajid Fahmi  sempat mengajar di Pemangkih dimana waktu itu para guru mengajar hanya dengan sepeda tinjak atau sepeda untanya. Setelah banyak muridnya lalu beliau pulang ke kampung hingga hijrah ke kota Rantau. Dirinya selalu perhatian pada urusan ilmu terutama ilmu agama,”katanya.


Akhir hayat beliau tercatat saat ziarah ke makam pedatuan di Kalimantan Selatan, terakhir saat berwudhu di Makam Datu Kelampayan Muhammad Arsyad Al Banjari beliau meninggal dunia. Dan hari ini kita melaksanakan haulan ke-1 KH.Yajid Fahmi den semoga yang hadir mendapatkan berkah dari Allah ta'ala hingga melancarkan dan memudahkan segala urusannya di dunia dan akhirat. Aamiin.


Reporter Nasrullah 

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls