Saturday 14 September 2024

Di Bulan Rabiul Awal, Warga Tapin Peringati Maulid SAW Dan Beayun Di Masjid Banua Halat

 

Petugas Keamanan dari Polres Tapin, Kodim 1010 Tapin, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Tagana bersiap menjaga keamanan acara beayun maulid besok hari di Masjid Al Mukaramah Banua Halat


TAPIN, KALSEL,-majalahdetektif.com; 

Tanpa terasa saat ini kita sudah berada di bulan Rabiul Awal, pada bulan inilah menjadi catatan sejarah tiga peristiwa penting terjadi pada sosok diri teladan umat manusia seluruh dunia.Pertama, kelahiran baginda Rasulullah.SAW. Kedua, hijrahnya Rasulullah.SAW ke Madinah, dan Ketiga, meninggalnya Rasulullah.SAW.


Pada bulan ini, Syiar Islam berkumandang semarak di beberapa daerah di Indonesia. Para jamaahnya menggelar sesuai dengan kriteria dan budayanya masing-masing. 


Di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan, momentum maulid tak pernah terlewatkan oleh warganya yang agamis disiplin pada ilmu agamanya untuk menghormati, meneladani, menyayangi, mencintai baginda Rasulullah.SAW beserta sahabat, keluarga zuriat beliau semata-mata karena Allah ta'ala.


Selain itu, juga menghormati para pewaris rasulullah dan para hafidz Qur'an. Karena mereka percaya dan yakin saat hisab nanti golongan inilah yang dekat dengan baginda Rasulullah.SAW dan yang pertama kalinya dihisab dan limpahan syafaat.


Peringatan Maulid Rasulullah.SAW di Tapin Kalimantan Selatan sebagai salah satu simbol dirayakan. Hampir rata-rata masyarakat daerah ini antusias merayakannya setiap tahun sekali baik itu di rumah-rumah, di lapangan terbuka, langgar musholah, dan lingkungan sekitar masjid. Mereka memperingati maulid sekaligus dengan haulan, syukuran dan doa bersama. Tak jarang, banyak warga datang menghadirinya untuk ikut beribadah   berdzikir, bershalawat, mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an dan tausyiah yang disampaikan para Guru, Arif Billah, dan Alim Ulama di Masjid dan Langgar Musholah.


Di daerah ini juga terdapat satu tradisi menarik dan biasa diselenggarakan warga Tapin setiap tahunnya. Yaitu

tradisi beayun maulid yang rutin diselenggarakan setiap bulan rabiul awal. Diselenggarakan di Masjid Al Mukaramah (Keramat) desa Banua Halat, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Hampir setiap tahunnya para jamaah yang hadir jumlahnya mencapai ribuan orang lebih dan yang datang tak hanya dari daerah lokal saja melainkan juga dari luar daerah yang ingin menunaikan niat janjinya berupa nazar melalui prosesi beayun di masjid yang terkenal wilayahnya memiliki banyak keistimewaan dari para Pedatuan Wali Allah.SWT.


Pj.Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, M.Pd, Ketua TP-PKK Tapin Hj.Masrupah beserta jajaran dinas hingga camat setempat telah berkoordinasi dalam rapat untuk mempersiapkan acara beayun maulid di Masjid Banua Halat yang tahun ini bakal berlangsung Senin, 16 September 2024.


Didapatkan informasi bahwa jumlah peserta beayun yang telah mendaftar di panitia telah mencapai ribuan orang. Dan panitia juga sudah menyiapkan ayunan sesuai jumlah yang terdaftar.

“Mereka bakal ikut beayun sambil ikut bershalawat seraya mendengarkan lantunan maulid Habsy hingga ayat suci Alquran,”katanya.


Reporter Nasrullah 


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls