Saturday 20 July 2024

Hari Adhyaksa ke 64 | Satu Anggota Resign Tak Tahan Disiplin

 




TAPIN,-KALSEL,-Hari Bakti Adhyaksa Ke 64 yang

merupakan hari ulang tahun Kejaksaan Agung Indonesia. HBA dirayakan pada tanggal 22 Juli setiap tahun, dan merupakan waktu bagi para jaksa untuk instrospeksi merenungkan pekerjaan mereka dan berkomitmen kembali untuk menegakkan hukum vertikal di Republik Indonesia. 


Menjelang HBA, tidak jarang jaksa bersikap ekstra hati-hati dalam mencari dan menangani setiap pelanggaran aturan disiplin. Hal ini karena Kepala Kejaksaan ingin memastikan bahwa Kejaksaan Agung memiliki standar etika tertinggi.


Seperti yang diluapkan Kepala Kejaksaan Negeri Tapin Adi Fakhruddin, SH marah kepada bawahan dan staf serta anggotanya. Karena menilai tak disiplin hukum dan melanggar etika. Melihat areal parkir didepan kantornya yang khusus untuk disibilitas, diparkir oleh umum. Sontak, beliau langsung keluarkan instruksi kepada seluruh jaksa, anggota dan jajarannya untuk segera kumpul termasuk para satpam. 


Mereka kena hentakan hebat nembus ke jantung bak peluru, hingga mental mereka kembali kuat seperti baja untuk hidup di lingkungan Kejaksaan yang dapat hidup sabar, sederhana, terdepan dan tidak hedonisme. Sebaliknya, tidak terjerumus menjadi jaksa nakal pastinya.


Hanya satu anggotanya yang tidak tahan, pria berinisial F. Sampai dirinya meminta resign alias mengundurkan diri secara tidak terhormat karena tak tahan hidup di lingkungan penuh etika dan disiplin hukum tinggi. Maklum para ahli hukum terdepan di kantor ini menilai dirinya hanya tamatan SMA, sehingga lebih memilih pulang ke kampung ke Jawa mencari pekerjaan lain dibandingkan nahan lapar dan haus hidup sederhana di lingkungan ego sektoral yang kerap terkena dampak racun kehidupan para mafia dan koruptor yang memiliki kuasa dan uang hingga langkah lebih dulu dibandingkan dirinya sebagai aparat penegak hukum. 


Seperti inilah sosok Kepala Kejaksaan jika mendapati adanya pelanggaran aturan disiplin, maka Kepala Kejaksaan dapat mengambil tindakan sebagai berikut:


Memberikan peringatan kepada jaksa yang terlibat,

Memulai penyelidikan disiplin formal

Merekomendasikan agar jaksa dipindahkan ke posisi lain,

Mengakhiri masa jabatan jaksa,

Tindakan khusus yang diambil oleh Kepala Kejaksaan akan bergantung pada beratnya pelanggaran dan catatan disiplin jaksa di masa lalu.


Untuk itu marilah jadilah Jaksa yang jujur sederhana dan penyabar. Karena Anda adalah penegak hukum terdepan, tak jarang diantara mereka untuk menasihati anak buahnya hingga anaknya yang tidak disiplin bekerja dan kecanduan games langsung merampasnya bahkan sampai merusak aplikasi bak seperti koruptor menghapus barang bukti. Hingga adu fisik, buat anak menjerit menangis di balik jeruji besi.


Selamat Hari Adhyaksa ke-64, Mohon Maafnya. Nasihat Anda ternyata obat bagi mental para petani dan yatim. Alhamdulillah, dapat mie dan biskuit di Hari Adhyaksa ke-64. Selamat menikmati sajian sedap nikmat, lebih lezat ketimbang amplop dari para pejabat koruptor.


Reporter Nasrullah 

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls