Friday 17 April 2015

Keringanan Beribadah Bagi Umat Nabi Muhammad.SAW

      Subhanallah (Maha Suci Allah), dalam khutbah Jum’at siang tadi yang disampaikan Guru Agama di salah satu masjid di Lumbu Raya Benua Nenek dan Kakek yang menyampaikan taklik (pengikut suatu golongan) antara umat Nabi-Nabi terdahulu dengan Umat Nabi Muhammad.SAW melalui aspek Ibadah Sholat berupa keringanan yang diberikan Allah.SWT bagi umat Nabi Muhammad.SAW dalam melaksanakan Ibadah kepadaNya dibandingkan umat Nabi-Nabi sebelumnya.

     “Jika umat terdahulu ibadah sholat diwajibkan dalam sehari semalam sebanyak 50 kali. Sementara bagi umat Nabi Muhammad.SAW ibadah sholat diwajibkan hanya 5 kali dalam sehari semalam. Begitu juga kalau umat nabi terdahulu dalam menghadapi nazis, dimana jika bagian tubuhnya seperti kulit terkena nazis mereka menggoresnya hingga terluka. Sementara bagi umat Nabi Muhammad.SAW cukup dibasuh dengan air”. Demikian keringanan diantaranya yang diberikan Allah.SWT terhadap umat Nabi Muhammad.SAW, yang semua ini berkat perjuangan Nabi Muhammad.SAW dalam menyampaikan amanah berupa Wahyu dari Allah.SWT kepada umatnya. Semoga shalawat dan salam selalu tercurah terhadap baginda Nabi Muhammad.SAW hingga akhir jaman nanti.

      Selain itu jika pada umat Nabi-Nabi terdahulu. Mereka jika melaksanakan kesalahan akan dihadapkan dengan hukum yang tegas dan keras. Misalnya, dimana setiap seorang umat terdahulu berbuat kesalahan dan dosa nama serta kesalahan mereka ditempelkan pada pintu-pintu atau dinding kediaman rumahnya. Jika pada umat Nabi Muhammad.SAW mereka mendapatkan keringanan serta kebijaksanaan yang arif dalam meletakan sesuatu persoalan pada tempatnya. Allah.SWT dengan sifatnya yang maha sempurna lagi maha pengasih dan maha penyayang serta maha pengampun yang selalu memberikan kesempatan kepada umat Nabi Muhammad.SAW untuk beribadah kepadaNya selama masih hidup di alam dunia. “Karena itulah secara arif dan kasih sayang Nabi Muhammad.SAW  mempertegas umat beliau untuk mempersiapkan diri dengan meningkatkan ketakwaan kita terhadap Allah.SWT dengan mengerjakan perintahnya dan menjauhi larangannya dan bertobatlah bagi yang terjerumus pada kesalahan ketimbang menyesal dikemudian hari”.

Alhamdulillah menangis lagi dalam sholat Jum’at hari ini seraya membaca surat Al Fatihah dengan melihat mereka yang meninggal pada Malam Jum’at dan Hari Jum’at. Semoga ini rahmat kasih sayang Allah terhadap kami disini dan semoga juga mendapatkan “Saat” pada sholat jum’at kali ini serta terkabulkannya doa kami oleh Allah.SWT.


“Illahi Anta Maksudi Wa Ridhoka Matlubi Atini Mahabahtaka Wa Marifataka”. Yaa Allah tinggikanlah derajat mereka yang meninggal dan telah disholatkan kaum muslimin lebih dari 40 orang dengan jumlah shaf yang cukup banyak dan kabulkanlah doanya yang menyaksikan bahwa yang meninggal dunia adalah orang yang baik. Yaa Allah semoga kami dapat meningkatkan ketakwaan kami selalu disisa umur kami dan terus memperbaiki diri menjadi lebih baik hingga berakhir hidup dalam keadaan “Khusnul Khatimah”. Amin Ya Rabbal Alamin. 

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls