Monday 4 March 2019

Bangun WC Portabel yang bisa dipindah-pindah



Keterangan Foto :Bekerja bangun WC portabel untuk jamaah haulan
Sumber foto : Istimewa


RANTAU,-Tim TRC,Satgas PUSDALOPS-PB melakukan pembangunan WC umum Portabel di daerah Binuang.Senin (4/3). Pembangunan WC portabel ini guna untuk para jemaah Haul Abah Guru sekumpul ke 14 pada 9-11 Maret 2019.

Sufian Anggota BPBD Tapin mengatakan WC portabel yang kita kerjakan hari ini berjumlah 9 buah, sementara 1 buahnya rusak. “Pembangunan WC ini menjelang haulan Abah Guru sekumpul dengan tujuan membantu jamaah haulan nanti, mengingat WC di SPBU Binuang itu tidak mencukupi sehingga ditambah lah WC ini, dan setelah haulan selesai WC itu bisa kita bongkar lagi,”katanya kepada Badalmaya.

Tujuan pembangunan WC portabel ini kita sekedar membantu saja dengan harapan berguna sehingga jamaah haulan terlayani dengan baik. Selain itu ini kan acara haul Abah guru sekumpul tentu berkah dan manfaat nya banyak.

Apa itu WC portabel ? Menurut catatan Wikipedia, Pada mulanya, Toilet portable dikembangkan dan dipantentkan pertama kali di Amerika Serikat tahun 1950-an oleh Harvey Heather pendiri perusahaan JW dan toilet portable pada jaman itu disebut "Kotak Kuat". Lalu pada tahun 1960-an, toilet portable kedua dipatentkan oleh George Harding, yang merupakan salah satu pendiri dari PolyJohn Corporation den. Dan kini WC tersebut mulai dikembangkan di Indonesia.

Lalu apa yang membedakan antara toilet portable dengan toilet biasa ialah "bentuknya" , kalau toilet biasa itu berbentuk ruangan yang disekat dengan tembok, sedangkan toilet portable sesuai dengan namanya "portable" yaitu bentuknya yang ramping dan mudah dipindah-pindahkan.

Umumnya toilet portable terbuat dari material fiberglass dan hdpe jadi memiliki berat yang ringan sehingga dapat diangkat dan diletakan dimana saja dengan mudah.

Karena kemudahan dalam proses pemindahannya, toilet portable saat ini telah banyak digunakan di Proyek-proyek pembangunan, event-event, wisata alam, tempat rekreasi, ataupun tempat lainnya yang belum tersedia fasilitas toilet.

Fasilitas yang ada pada toilet portable juga cukup lengkap seperti kran air, bak air, gantungan baju, kunci pintu, lampu, stop kontak lampu, jet spray serta closet duduk maupun jongkok.

Desain yang menarik serta fasilitas yang cukup lengkap menjadikan toilet portable semakin banyak diminati. Terlebih ToiletToilet Portable ini juga dilengkapi toren air dan septic tank sebagai perlengkapan standarnya. Toren air tepat terletak di bagian atas yang menyatu dengan langit-langit toilet sedangkan septic tanknya berada tepat dibagian bawah closet, jadi limbah domestik yang masuk melalui closet akan mengalir kebagian bawah toilet.


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls