Sunday 3 March 2019

Warga Liang Sawa Siapkan Rest Area Jamaah Haul Abah Guru Sekumpul

RANTAU,-Warga Desa Liang Sawa Bitahan Kecamatan Lokpaikat Kabupaten Tapin seputar kawasan Masjid Baitul Mardiah yang terletak tepat dipinggir jalan nasional sepanjang jalan Akhmad Yani lintasan Banua Enam-Banjarmasin terlihat sudah melakukan persiapan akan menjamu para jamaah Abah Guru Sekumpul pada tanggal 9-11 Maret 2019 nanti.

Amat Ketua RT.10 Desa Liang Sawa Bitahan mengatakan warga bersama panitia masjid Baitul Mardiah telah melakukan persiapan diantaranya menghias jalan di seputar masjid dengan memasang bendera dan spanduk tulisan selamat melaksanakan ibadah haulan guru sekumpul.Selain itu juga mempersiapkan warung gratis bagi para jamaah haulan guru yang mampir disini baik sebelum maupun sesudah haulan dilaksanakan selama tiga hari.(Rest Area Jamaah Haul)
“Di warung ini, para jamaah akan disajikan hidangan lokal baik makanan dan minuman tanpa harus mengeluarkan uang alias gratis,”katanya.
Menurut Amat, Daerah lain sepanjang jalan Akhmad Yani di daerah Tapin juga sudah bersiap seperti Binderang dan Lokpaikat.Mereka sudah menghias kawasannya sebagai Rest Area Jamaah sebagaimana Liang Sawa Bitahan ini. Karena kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin tiap tahunnya pada bulan Rajab seiring Haulan Guru Sekumpul Martapura. Tahun lalu kita menampung puluhan buah bus dari Samarinda yang mengangkut jamaah dari sana dalam perjalanan nya dan bermalam di masjid Baitul Mardiah ini. Seperti biasa menyambut tamu ini salah satu perbuatan mulia sunah rasulullah diantara nya dengan menyajikan hidangan makanan dan minuman untuk para jamaah haulan.
Haulan tahun ini panitia masjid berkumpul dengan warga  untuk mempersiapkan konsumsi. Sebagaimana Acil Aluh Pedagang Ketupat didampingi masjid ini bahwa panitia sudah menyiapkan satu ekor sapi untuk disembelih lalu dimasak khusus haulan tadi.Selain itu juga sudah memesan ribuan roti, berkarung-karung beras untuk ditanam jadi nasi, berdus-dus minuman aqua gelas.
“Pada hari H pelaksanaan kami tak berdagang, karena ikut partisipasi dalam pengawahan masakan di acara haulan tepat dibelakang masjid khusus untuk memirik lombok dijadikan sambal yang nanti disajikan bagi para tamu jamaah haulan,”katanya.
Reporter :Nasrullah

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls