Wednesday 14 June 2017

Buka Puasa Bersama Dengan Citra Kuliner Khas Daerah



RANTAU,~Berkat tradisi sungguh luar biasa dimiliki daerah ini terutama selama bulan suci Ramadhan 1438 Hijriyah. Tradisi mengundang banyak perhatian publik dan pembawa berkat yang selalu terus didukung Pemerintah Kabupaten Tapin melalui stakeholder para pejabatnya yang berkordinasi dengan para arifin, cendekiawan muslim, dan alim ulama guna merealisasikan visi dan misinya yakni Terwujudnya Kabupaten Tapin Mandiri Sejahtera Yang Agamis.

Safari Ramadhan Bupati dan Wakil Bupati Tapin beserta jajaran Kepala Dinas sambil bersilahturahmi langsung bersama masyarakat dalam agenda rutin menjelang waktu berbuka puasa bersama di sebuah masjid ternama Kota Rantau. Acara diawali bersama dengan selamatan sebagai bentuk rasa syukur kehadhirat Allah sesuai sunah Rasulullah.SAW manusia yang di teladani dan dicintai umat muslim daerah ini. Sejak terbenam matahari panitia acara turun membuat makanan dengan citra rasa kuliner yang khas daerah masakan banua banjar tanpa terpisah dari rasa manis, asin, santan bekuah, dan pedas. Masakan Banua Banjar santapan buka puasa bersama plus buah kurma manis sajian hidangan pembuka.
Bagaimana tidak barokah citra kehidupan, setiap memulai aktifitas sesuatu selalu menyebut nama Allah. Mereka sebelum mencicipi makanan dan minuman yang disajikan selalu terlebih dahulu dimulai dengan mengucapkan Bismillahirahmanirahim dan Berdoa kepada Allah meminta kesejahteraan dan kebahagiaan bagi dirinya, keluarga, dan kelompok. Tak hanya itu sebagai bentuk rasa syukurnya kehadhirat Allah.SWT selaku pemberi nikmat berupa limpahan rezeki yang luas, mereka turutkan serta lantunan ayat suci Al-Qur’an mulai dari Ummul Qur’an Surah Al-Fatihah, dilanjutkan surah Al-Anas, Al-Falaq, dan Surah Yasin. Tak ketinggalan pula mereka lantunkan Shalawat terhadap Nabi Muhammad.SAW sambil mendoakan para Sahabat Nabi, Keluarga Nabi Muhammad.SAW, dan Muslimin Muslimat pengikut setia Nabi Muhammad.SAW. Demikian pun kalimat Tauhid sekaligus Penyaksian terhadap perjuangan Nabi Muhammad.SAW dalam memperjuangan ajaran Islam, “Tiada Tuhan Selain Allah Laa Illahaillaallah”, Nabi Muhammad.SAW Utusan Allah”. Bahkan dalam setiap kali berdoa mereka selalu dibimbing oleh ahli agama hingga para guru agama yang rata-rata adalah Cendikiawan Muslim, Arifin, Alim Ulama dan Arifinbillah hingga para Habib, Habaib yang kita cinta kasih sayang karena Allah.SWT. Contohnya seperti di rumah-rumah warga pemilik acara undangan Seruan, maupun di Masjid dan Musholah di daerah ini.

Dahulu di Wilayah Kalimantan, kita memiliki para Pedatuan (Datuk) yang rata-rata bersifat Tawakal serta tingkat Maqamat dan Ketakwaannya terhadap Allah.SWT sangat tinggi. Mereka pun dalam menjalani kehidupan sehari-hari rata-rata selalu setia terhadap ajaran yang disampaikan Nabinya yang mereka cinta karena Allah yaitu Nabi Muhammad.SAW melalui pewaris ilmu mereka seperti para Arifinbillah dan Alimbillah yang menyebarkan syiar Islam kepada warga masyarakat banjar dengan ceramah agama Islam. Keyakinan beragama warga Banjar begitu kuat, dan sangat cinta serta patuh lagi taat terhadap baginda Nabi Muhammad.SAW dengan pandangan, “Allah menciptakan lahir jahir manusia dari Nabi Adam.AS, dan Ruh manusia dari Nabi Muhammad.SAW”.

Sudah menjadi tradisi mereka yang saling berbagi bersama baik dari aspek ilmu yang ikhlas memberikan solusi bantuan bagi yang tak mengetahui. Demikian rezeki dengan berderma kesesama saudaranya yang membutuhkan, dan tenaga dengan cara bergontong royong bersama dalam setiap aktifitas.



No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls