Friday 14 October 2016

Bulan Muharam Muhasabah Instropeksi Diri

Tahun Baru Islam Dzulhijjah 1437-1438 Muharam , Bulan Muharam bulan asyik muhasabah instropeksi diri sambil khalwat lagi. Bulan Muharam ini kita melakukan Muhasabah atau Intropeksi segala perbuatan kita selama setahun lewat. Pada bulan Muharam ini umat muslim memanfaatkan momentum tahun lewat sebagai intropeksi untuk melanjutkan kembali sisa umur hidup kita di dunia. Apakah sudah baik amal perbuatan kita tahun lewat tadi ? khususnya perbuatan kita selama hidup di dunia dalam mengarungi kehidupan terutama menghadapi Hitam dan Putih (Sunahtullah) Kehidupan.

Firman Allah: Jika kamu bertakwa kepada Allah, niscaya Allah memberi kepadamu pengertian untuk membedakan antara yang baik dengan yang buruk, dan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan mengampunkan dosa-dosamu dan Allah Maha Besar karunia-Nya. (Al-Anfal 29)

Firman Allah: Hai orang yang beriman, bertaqwalah pada Allah dengan sungguh arti taqwa. (Al-Imron 102)

Allah.SWT melalui Rasulullah.SAW beramanah kepada kita untuk tetap terus meningkatkan Ketakwaan dan Keimanaan kita kepada Allah dan menjauhi segala apa yang dilarangnya. Di bulan ini tetaplah untuk optimis, jika sudah mendapatkan kesuksesan di bulan ini bersyukurlah kepada Allah dan jangan sebaliknya sombong dan takabur. Sebaliknya jika masih belum sukses, jangan pesimis tetap bersabar dengan tetap terus semangat menjalani hidup sambil berharap dan bersandar segala sesuatunya hanya kepada Allah.SWT.

Yakin dan Tawakal Terhadap Allah.SWT

Firman Allah: Pada Allah hendaklah berserah diri tiap orang yang beriman. (Al-Imran 122 dan Al-Maidah 11)

Jika kau bersungguh-sungguh akan melakukan sesuatu, berserahlah kepada Allah.

Firman Allah: Dan siapa berserah kepada Allah, maka Allah akan mencukupinya. (At-Thalaq 3)
Firman Allah:Berserahlah dirimu kepada Allah yang hidup yang tidak mati. (Al-Furqan 58)

Di bulan Muharam,  Nabi Adam.AS dengan catatan sejarahnya  diciptakan Allah.SWT sebagai manusia pertama hidup didunia bersama pasangan. Sebagai manusia yang tak sempurna, kita dalam hidup didunia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan . “Sunahtullah” Jalan Mustahab bagi manusia dalam mengarungi kehidupannya di dunia.
Mencari tempat yang kondusif dan asyik untuk muhasabah sambil dzikir ingat Allah dan perbanyak shalawat kepada Rasulullah.SAW. Tempat yang asyik untuk muhasabah intropeksi diri kita di bulan Muharam, misalnya di kamar yang sepi tempat ideal untuk berkhalwat.  Berdoa kepada Allah.SWT dan mohon ampunan-Nya, berdoa kepada Allah untuk muhasabah dapat instropeksi diri sebagai ikhtiar diri, dan buat catatan seperti di blog ini, penting untuk mengukur sejauh mana perubahan yang telah terjadi pada diri. Jadi ingat seperti di asrama para santri yang menjadi agenda tahunan setiap bulan Muharam ini. Tobat Yaa Allah setelah jatuh khilaf diri dan janji kuatkan tekad untuk tidak lagi berbuat khilaf setelah mengerti.

Yaa Allah semoga sholat jum’at di bulan Muharam ini kami mendapatkan waktu ‘Saat’ ijabahnya setiap doa. Kabulkanlah doa dan harapan kami Yaa Arif Yaa Alimul Ghaib, “Illahi Anta Maksudi Wa Ridhoka Matlubi Atini Mahabahtaka Wa Marifataka”. Bentangilah curahan Rahmat Hidayah Inayahmu terhadap Kami untuk tetap istiqomah meningkatkan Keimanan dan Ketakwaan terhadapMu sampai maut menjemput kami. Yaa Allah bentangilah curahan asuhan cinta kasih dan sayangmu terhadap diri kami, orang tua kami, anak istri kami, saudara dan keluarga kami, yang ada disekitar kami, para pimpinan kami, dan guru kami yang kami cinta kasih dan sayang semata-mata karena Allah. Lindungilah kami Yaa Allah dari kemurkaanMu, AzabMU, dan kebencianMu terhadap diri kami. Kabulkanlah doa dan harapan kami.


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls