Friday 12 August 2016

Keutamaan Dzikir Sangat Besar

Firman Allah: Berdzikir (ingatlah) kepada Allah niscaya Allah ingat kamu. (AlBaqoroh 152)

      Dari ayat tersebut menyatakan Allah menjanjikan kepada kaum muslimin yang selalu ingat berdzikir kepadaNya bahwa Allah akan ingat padanya. Tak sebatas itu, Allah Maha Besar karunia pemberiannya karena Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang dan Pencipta Alam Semesta.

Firman Allah: Dzikir ingat kepada Allah itulah yang terbesar (Al-Ankabut 45)

      Begitu besar keutamaan dzikir kepada Allah.SWT, baik itu dzikir zahir (lisan;lahir) Khafi (rahasia;batin) yang dilakukan seseorang.
Sebagaimana Riwayat Cerita yang disampaikkan Ulama akan keutamaan dzikir, “Kala Malaikat Maut Izrail mendatangi seseorang disaat menjelang kematiannya, atas Perintah Allah.SWT Malaikat Maut mencabut nyawanya namun dengan terlebih dahulu mencari sela bagian tubuh orang itu mulai dari kaki hingga bagian dada dan tak ditemukannya adanya kebaikan. Kemudian kembali Izrail mencari kedalam hatinya juga tak ditemukan kebaikan, kembali lagi malaikat maut menuju kepalanya dan kerongkongan mulut bagian dalam tergantung kalimat “Laa Illaha Illallah” yang pernah diucapkan secara zahir (lisan) maka diampunillah seseorang itu hingga dirinya beruntung bahagia”.

Firman Allah: Berdzikirlah kepada Allah sebanyak mungkin, supaya kamu untung bahagia. (Al-Anfal 45)

Firman Allah: Mereka yang berdzikir kepada Allah sebanyaknya baik laki-laki maupun perempuan, maka Allah telah menyediakan bagi mereka ampunan dan pahala yang besar. (Al-Ahzab 35)

Firman Allah: Berdzikirlah kepada Tuhanmu di dalam hatimu karena mengharap dan takut. Dan tidak keras dalam berdzikir, pada waktu pagi dan sore, dan jangan tergolong pada golongan orang yang lalai. (Al-Araf 205)

Untuk itu mari kita petik hikmah dari semua itu, karena Allah Maha Bijaksana (Arif) dan Maha Pengampun lagi Maha Penerima Tobat. Kembali ke Jalan Allah dengan melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganya.


Abu Musa Al-Asj’ary RA: Berkata, bersabda Nabi SAW: Sesungguhnya Allah membentangkan tangan RahmatNya pada waktu malam supaya bertobat orang yang telah melanggar pada siang hari, juga mengulurkan tangan kemurahanNya pada waktu siang, supaya bertobat orang yang berdosa pada waktu malam. Keadaan itu tetap terus hingga matahari terbit dari barat. (Muslim) 

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls