Wednesday 23 September 2015

Idhul Adha


    Allahu Akbar...Allahu Akbar...Allahu Akbar Walilahilham. Alhamdulillah kita sudah melaksanakan kewajiban kita melaksanakan sholat Ied di Hari Raya Idhul Adha atau yang akrab hari raya qurban atau lebaran haji. Dari riwayat Zubdatul Wa’idhin, Nabi SAW katakan: Siapa sholat dan ibadah jahir seperti yang Nabi lakukan, berarti ia termasuk golonganku dan siapa tidak sholat sebagaimana yang aku lakukan, dan enggan berqurban berarti ia bukan jamaahku, jika ia termasuk orang kaya. Ingatlah bahwa qurban itu termasuk amal-amal penyelamat yang menyelamatkan pemiliknya dari kejelekan dunia dan bahaya di akhirat.

Mengingat Guru Sekumpul Syekh Abdul Ghani Martapura, “Mandilah jika hari Raya sebelum sholat berjamaah ke masjid. Siapkan diri pada pagi hari kendati hawa dingin lawanlah dan kencangkan tekad diri dengan tetap siram badan dengan air. Berhiaslah lalu menuju Masjid untuk tunaikan sholat Ied berjamaah di Masjid”.

Berkah di Hari Raya Idhul Adha bagi umat muslim yakni berlimpahnya rezeki dari Allah.SWT. Satu diantaranya adalah daging qurban dan tradisi orang menggelar ‘Haulan’ bagi saudaranya yang telah meninggal. Nikmatilah kebersamaan dengan berdoa bersama dan membaca Yasinan kendati sedikit orang yang datang bersykurlah atas nikmat yang telah Allah berikan. Sholat dan Ibadah qurban merupakan amalan yang selalu dilakukan oleh Umat Islam di Hari Raya-nya. Demikian pun Ibadah Qurban merupakan amalan yang disyariatkan agama Islam di tahun kedua hijriyah.

“Maka dirikanlah (kerjakan) shalat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah.” (QS Al-Kautsar: 1-2) Berqurban merupakan amalan yang paling dicintai ALLAH SWT pada saat Idul Adha. Sabda Nabi SAW: “Tidak ada suatu amal anak Adam pada hari raya qurban yang lebih dicintai ALLAH selain menyembelih qurban.” (HR. Tirmidzi) Laksanakan Ibadah qurban dengan hati penuh keikhlasan karena Allah.SWT dan jauhkanlah sifat riya.

PAHALA BERKURBAN

Sahabat Ali R.A mengatakan :"Barangsiapa berangkat dari rumah hendak membeli hewan qurban, maka setiap langkahnya memperoleh 10 kebaikan dan dihilangkannya 10 keburukan, serta dinaikan 10 derajat..." Nabi SAW bersabda kepada Aisyah :hai Aisyah, majukanlah hewan kurbanmu dan saksikanlah, sebab sejak tetes pertama darah hewan kurban itu jatuh ke bumi, Allah mengampuni dosa-dosamu yang terdahulu. Jawab Aisyah :"apakah hal itu khusus bagi kami ataukah bagi umumnya orang mukmin, ya rasul? beliau menjawab : Ya berlaku bagi kami dan umumnya kaum mukmin". Wahab bin Munabbih berkata: Nabi Daud AS, berkata"Ya Allah, sebesar apakah pahala orang yang berkurban dari umat Nabi Muhammad SAW? Jawabnya :"Aku memberi pahala kepadanya, setiap bulu dari badan hewan kurbannya 10 kebaikan, Aku hapus 10 keburukan, serta kunaikan 10 derajat, baginya setiap rambut menjadi gedung di surga, seorang bidadari yang ayu dan kendaraan bersayap berkecepatan tinggi, ia kendaraan ahli surga..."

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls