Saturday 10 August 2024

Masyarakat CLS dan CLU Peringati Haul KH Syarwani Abdan (Guru Bangil)

TAPIN, KALSEL,-Sekretaris Daerah Tapin Dr.H.Sufiansyah MAP beserta jajaran memenuhi undangan warga desa Pariuk Kecamatan Candi Laras Utara Kabupaten Tapin yang menyelenggarakan haulan KH.Muhammad Syarwani Abdan Al-Banjari atau yang akrab dikenal Tuan Guru Bangil. 

Kedatangan sekretaris daerah Tapin disambut para alim ulama, habaib, Guru HM.Yamani pengasuh pondok pesantren Miftahussalam, Camat CLS, Camat CLU, kaum muslimin dan muslimat yang berjumlah ribuan berkumpul dalam satu Majelis I’lm di Langgar Musholah Panti Asuhan Miftahussalam desa Pariuk, Sabtu (10/8) malam.


Mereka membaca lantunan kumandang shalawat disertai syair maulid sebagai penerang hati hingga tausyiah ceramah agama yang disampaikan Ustadz HM.Yanoor, dilanjutkan tahlilan dzikir serta berdoa selamat bagi para jamaah di bulan Safar.


Warga desa Pariuk Kecamatan Candi Laras Utara memetik wasilah barokah utama baginda Rasulullah.Saw sosok pemimpin teladan bagi seluruh umat manusia. Dilanjutkan dari para pewaris rasulullah yang ada pada sosok diri KH.Muhammad Syarwani Abdan Al-Banjari atau Tuan Guru Bangil seorang ulama terkemuka kelahiran Martapura Kalimantan Selatan 1915 – dan meninggal di Bangil, Pasuruan, Jawa Timur, 11 September 1989 pada umur 74 tahun). 


Beliau seorang khawashul khawash (istimewa) yakni seorang Ulama yang beriman dan ketakwaan terhadap Allah ta'ala dan kecintaan terhadap Baginda Rasulullah.Saw tak diragukan lagi. 

Guru Bangil dikenal karena kealimannya yang tinggi dan dedikasinya terhadap Islam, pengalamannya sebagai mursyid tentunya seorang cendikiawan dan pemimpin yang Arifin Billah (pemimpin yang bijaksana) dan alim dalam meniti 

jenjang struktur maqamat dari mulai inabah tobat hingga qutub dan ghaust dan hallilhwal atas dasar kecintaan yang disandarkan semata-mata karena Allah. Bahkan tak lepas kemungkinan beliau sosok yang laduni pada Rabbaniyatul HukumNya dengan Rabbaniyatul I'lmNya, berkat dirinya selalu melaksanakan hak Allah atas diri. Sehingga beliau memperoleh rasa hormat dan kekaguman yang luas dari umat Islam terlebih dari para murid dan santrinya yang pernah menuntut ilmu di pondok pesantren Datu Kelampayan peninggalannya di daerah Bangil Jawa Timur. Perlu diketahui, beliau merupakan keturunan ke-6 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari dan yang memiliki keutamaan banyak memualafkan warga cina untuk membaca dua kalimat syahadat. Bahkan ada diantaranya yang sampai mengikat hubungan keluarga.

Selanjutnya mereka membiasakan bershalawat seperti membaca shalawat Kamilah.


Sholawat Kamilah: Arab, Latin dan Artinya

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Arab latin: Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ'ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak(a).


Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau,"

Keutamaan Sholawat Kamilah melancarkan rezeki dan diijabahnya doa dan hajat kabul.


Dalam sambutannya Sekretaris Daerah H Sufiansyah menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadiran PJ Bupati Tapin yang berhalangan hadir, karena bersamaan dengan penutupan acara Tapin Art Festival pada saat yang sama.


"Atas nama pemerintah daerah kita menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan haul guru Bangil yang dirangkai dengan ceramah agama yang disampaikan Guru M Yanoor sehingga kita semua dapat berjumpa dan bersilaturahmi pada kesempatan ini," ujarnya.


Menjelang pemilihan kepada daerah Gubernur dan Wakil Gubernur serta bupati dan wakil bupati pada tanggal 27 November nanti, kita menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kondusifitas daerah, menjaga persaudaraan.


"Kita pilihan boleh beda, tapi kita tetap bedingsanakan (bersaudara)," kata Sufiansyah.


"Karena semua ingin maju, mudah - mudahan dan kita doakan pemimpin kedepan mampu membawa Tapin dan membawa margasari lebih maju lagi," tutupnya.


Reporter Nasrullah 


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls