Wednesday 21 August 2024

Hari Keluarga Nasional Ke-31 di Tapin

 

TAPIN, KALSEL,-Pj.Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, M.P.d mendampingi Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Tapin Hj.Masrupah menghadiri Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-31 Di Kabupaten Tapin, Selasa (20/8) kemarin, bertempat di Aula Sekretariat TP-PKK Tapin.


Acara dihadiri plt kepala perwakilan BKKBN Provinsi Kalsell DR.Nyigit Wudi Amini, S.Sos.MSi, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tapin Hj.Ahlul Jannah, S.Pd., M.Si, Asisten Administrasi Umum Pemkab Tapin, Fiqri Irmawan, S.STP, 


Peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke-31 merupakan momen penting untuk merefleksikan kondisi keluarga di Indonesia, sekaligus mendorong upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga. Peringatan Hari Keluarga Nasional dan peran Duta Genre di dalamnya merupakan upaya yang sangat penting untuk membangun keluarga Indonesia yang lebih berkualitas. Dengan adanya Duta Genre, diharapkan program GenRe dapat lebih efektif dalam mencapai tujuannya, yaitu mewujudkan generasi muda yang sehat, cerdas, dan berkarakter. Sesuai tema yang diusungnya ‘Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas’.


Duta Genre; Garda Depan Promosi Keluarga Berkualitas.


Duta Genre adalah singkatan dari Duta GenRe (Generasi Berencana). Mereka adalah sosok-sosok inspiratif, biasanya dari kalangan remaja atau pemuda, yang dipilih untuk menjadi contoh dan motivator dalam mempromosikan program GenRe. Program GenRe sendiri merupakan program yang digagas oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menunda pernikahan dini, mencegah pergaulan bebas, dan menekan angka kehamilan di kalangan remaja.


Peran Duta Genre dalam Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-31. Duta Genre memiliki peran yang sangat strategis dalam peringatan Hari Keluarga Nasional. 

Diantaranya, Duta Genre aktif mensosialisasikan program GenRe kepada masyarakat luas, terutama kalangan remaja. Mereka memberikan informasi yang benar dan up-to-date tentang kesehatan reproduksi, seksualitas, dan perencanaan keluarga. Disamping itu, Duta Genre menjadi motivator bagi remaja untuk menunda pernikahan, merencanakan masa depan, dan meraih prestasi. Mereka berbagi pengalaman dan kisah sukses mereka sebagai contoh nyata.


Influencer: Sebagai sosok yang populer di kalangan remaja, Duta Genre dapat menjadi influencer yang efektif dalam mengubah perilaku dan norma sosial. Mereka dapat menyebarkan pesan-pesan positif tentang keluarga dan kehidupan remaja.


Agen Of Change (Agen Perubahan): Duta Genre berperan sebagai agen perubahan di lingkungan mereka. Mereka dapat menginisiasi berbagai kegiatan positif, seperti penyuluhan, lomba, atau kampanye yang berkaitan dengan keluarga.


SEKILAS TENTANG DUTA GENRE (GENERASI BERENCANA).


Remaja saat ini akan menjadi bagian dari Generasi Emas Indonesia, generasi yang 

pada tahun 2045, saat Indonesia memasuki usia 100 tahun merdeka, akan berusia antara 35-54 tahun. Generasi ini akan berada pada usia produktif sehingga secara pasti akan mewarnai dan menjadi nahkoda bangsa ini. Generasi emas nantinya diharapkan menjadi generasi yang cerdas dan komprehensif, yaitu produktif, inovatif, damai dalam interaksi 

sosialnya, sehat dan menyehatkan dalam interaksi alamnya, serta berperadaban unggul. 


Generasi emas disemai melalui pembangunan karakter dalam pembangunan keluarga yang menggunakan pendekatan siklus kehidupan. Karena itu, membina remaja adalah investasi yang luar biasa penting.

Guna merespon permasalahan remaja saat ini, BKKBN mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang 

pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. 


Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda. 

Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena 

mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pranikah dan Napza guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.


PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) adalah suatu wadah dalam program GenRe yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja/mahasiswa guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang kesehatan reproduksi serta kegiatan-kegiatan penunjang 

lainnya. GenRe atau Generasi Berencana adalah remaja dan pemuda yang memiliki 

pengetahuan, bersikap dan berperilaku sebagai remaja, untuk menyiapkan perencanaan yang matang dalam kehidupan berkeluarga. Remaja dan Pemuda GENRE mampu melangsungkan jenjang-jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan 

secara terencana, dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus Kesehatan reproduksi.


Tujuan program GenRe yaitu untuk menyiapkan remaja agar mampu menjalani jenjang pendidikan yang terencana, berkarir dalam pekerjaan yang terencana, dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi. 

Duta GenRe (Generasi Berencana) adalah perwujudan remaja dan pemuda yang 

memiliki pengetahuan, bersikap dan berperilaku sebagai remaja, untuk menyiapkan perencanaan yang matang dalam kehidupan berkeluarga. Duta GenRe menjadi role model atau contoh bagi teman – temannya mengenai pentingnya menunda usia pernikahan 

terlalu muda, berperilaku sehat, terhindar dari resiko seks berisiko, Napza, pernikahan dini, serta mempunyai perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera Untuk pengelolaan program Generasi Berencana Kabupaten Tapin maka dibentuk Pengurus Generasi Berencana Indonesia Cabang (GIC) Kabupaten Tapin periode Tahun 

2023 – 2025, salah satu kegiatannya adalah melaksanakan pemilihan atau Apresiasi Duta GenRe Kab. Tapin yang bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tapin, kegiatan ini dilaksanakan untuk menemukan potensi–potensi muda yang diharapkan mampu membawa perubahan dan pengaruh positif bagi lingkungan sekitar khususnya teman sebayanya.


Reporter Nasrullah

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls