Saturday 29 August 2020

Bubur Asyura Kuliner Daerah Semarakkan Tahun Baru Islam

 



Bubur Asyura Kuliner Daerah Di Tahun Baru Islam


RANTAU,- Di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan terdapat satu tradisi yang menjadi ciri khas daerahnya yang menjadi kebiasaan umat muslim di daerah ini dan dilaksanakan setiap tahunnya bertepatan pada 10 Muharam yang termasuk hari istimewa dikenal Yaumil Asyura.


Mereka kaum Ibu-ibu, secara berkelompok bergotong royong mengolah kuliner khas daerahnya bernama "Bubur Asyura", yang dikelola dan dimasak dengan cara tradisi atau  istilah mereka mengawah yang menjadi pemandangan menarik. 


Seperti yang terlihat warga desa Perintis Raya hingga ke Banua Halat, Sabtu, 29 Agustus 2020. Sejak pagi mereka berkumpul untuk menyiapkan bahan-bahan makanan dan wajan untuk istilah mereka mengawah. Bergontong royong sekaligus menjalin silaturahmi antar umat muslim dan memberikan makanan yang lezat dan nikmat berupa bubur olahannya untuk seluruh umat Rasulullah Nabi Muhammad.Saw. Luar biasa cinta mereka terhadap Rasulullah.


10 Muharam hari istimewa, mereka percaya itu. Bahwa catatan sejarah banyak sekali terjadi di zaman para nabi, Kisah Nabi Musa membelah lautan, Nabi Adam diterima taubatnya oleh Allah, Nabi Yunus dikeluarkan dari perut ikan dan kejadian besar lainnya, Semuanya terjadi di Hari Asyuro. Itulah diantaranya umat muslim di daerah ini ada yang beribadah puasa sunah dan memasak bubur Asyura.


Nasrullah




No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls