Thursday 30 May 2019

Maqamat dan Hallikhwal

Struktur Maqamat, kita akan membahas apa itu Maqamat ? Dari aspek religius, Maqamat adalah struktur jenjang tingkatan derajat seseorang berkat dari taqarub seorang hamba terhadap Allahu taala melalui wasilah perantara Rasulullah.Saw dan pewaris ilmu beliau yaitu Ulama.

Syarat untuk mendapatkan Maqamat adalah Tobat. Dengan inabah tobat seorang hamba menandakan orang itu telah dianugerahi oleh Allah berupa Taufik dan Hidayah Allahu ta'ala.

Misalnya, seseorang yang selama hidupnya lalai mengingat Allahu taala karena kesibukan dunianya yang membuat gila dunia.Sehingga lupa dan lalai mengingat Allah Tuhan yang menciptakannya.Suatu hari tiba-tiba dirinya mendapatkan Taufik dan Hidayah dari Allah tersadar bahwa selama ini aktivitas pekerjaannya yang membuat lalai, bagaimana kalau mati tentu apa yang dicari kemewahan dunia tak membawanya sampai kehidupan akhirat, karena disana hanya amal kebaikan yang pernah dilakukan selama hidup sebagai pendamping.Selanjutnya, dirinya mulai Inabah kembali kepada jalan Allah dengan bertobat atas kelalaiannya. Inabah-Tobat inilah merupakan anugerah dari Allahu taala berupa Maqamat.

Disinilah peran penting Ulama syekh Mursyid sebagai pembimbing melalui Talqin Zikir dan ajarannya.Karena perlu kiranya kita berguru  agar kita tak keluar jalur jejak lintasan Maqamat yang pernah dilintasi oleh orang-orang Sholeh dari zaman ke zaman hingga jejak manusia teladan Nabi Muhammad.Saw yang kita cinta, kasih, dan sayang karena Allah.

Hallikhwal

Struktur Hallikhwal (keadaan hati) ini mengarah pada kondisi psikologis seseorang yang bersifat intiusional karena faktor emosional seseorang dalam menghadapi proses setiap kehidupan. Hallikhwal itu termasuk anugerah Allahu taala. Adapun syarat untuk mendapatkan Hallikhwal itu dengan Cinta yang disandarkan semata-mata karena Allahu Ta'ala. Selanjutnya, Hallikhwal berupa keanggunan malu hingga rindu bertemu Rasulullah.Saw.

Nasrullah


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls