Tuesday 29 May 2012

Sedeqah

Oleh Nasrullah.

- Mengenal apa modal hidup yang telah diberikan Allah kepada kita, seperti modal Ilmu pengetahuan yang diberikan Allah kepada kita lantas digunakan kemana ? Harta materi yang diberikan Allah digunakan kemana ? Tenaga sumber kekuatan yang diberikan Allah lalu digunakan kemana ?

Sedeqah( menafkahkan) segala yang ada pada diri kita di jalan Allah dengan tetap berasaskan niat ikhlas karena Allah. “Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. Maka diantara kamu ada orang yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah yang maha kaya sedangkan kamulah orang-orang yang membutuhkan (Nya); dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain, dan mereka tidak akan seperti kamu (ini). (QS Muhammad:38)

Jika Allah menyuruh kita menafkahkan apa yang ada pada diri kita baik itu berupa ilmu pengetahuan, harta materi, dan tenaga yang ada pada diri kita di jalan Allah dengan melayani keluarga, saudara, dan orang lain. Tentunya mana yang lebih dahulu di prioritaskan ?

Keluarga, menafkahkan anak dan istri merupakan salah satunya. Dimana dengan menafkahi keluarga baik itu secara lahir maupun batin sudah termasuk dalam ibadah sedeqah. Saudara dan orang lain, kepada merekalah kita juga turut mensedeqahkan apa yang dianugerahi Allah melalui kita dengan niat ikhlas karena Allah. Semoga Allah.SWT memampukan diri kita dan memberikan kita keteguhan jiwa agar bisa menjadi wakil Allah dimuka bumi dengan senantiasa terus bersedeqah dengan ilmu, harta, tenaga yang ada pada diri kita demi meraih ridho illahi.

“Dan perumpamaan orang-orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhoan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan buahnya dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai).Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat”. (Qur’an ayat 256:)

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls