Saturday 27 April 2013

Selamat Jalan Ayah





Innalillahi Wa Innalillahi Ra’jiun, Orang Tua Kami, atau Ayah Kami di Kabupaten Tapin Kalimantan Selatan yang meninggal dunia pada Kamis (25/4) siang  kemarin. Beliau meninggalkan anak, cucu, dan warga Tapin khususnya. 

Anang Kaderi Bin Abdul Hamid menghembuskan nafas terakhirnya di massa senjanya pada usia 75 tahun. Beliau meninggal dengan damai dan nyaman, di hadapan anak, keponakan, dan menantunya. Selamat jalan Ayah, seraya kami berdoa, "Ya Allah bentangilah selalu curahan cinta kasih sayangmu terhadap beliau, tempatkanlah beliau di tempat yang tertinggi bersama Rasulullah Nabi Muhammad.SAW.”

Malam Jum’at adalah malam yang paling utama, harinya adalah hari yang paling utama dari semua hari. Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya malam Jum’at dan harinya adalah 24 jam milik Allah Azza wa Jalla. Setiap jamnya ada enam ratus ribu orang yang diselamatkan dari api neraka.” Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang mati di antara matahari tergelincir hari Kamis hingga matahari tergelincir hari Jum’at, Allah melindunginya dari siksa kubur yang menakutkan.” Imam ja’far Ash-Shadiq (sa) juga berkata: “Malam Jum’at dan hari Jum’at mempunyai hak, maka janganlah sia-siakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal shaleh, tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah swt melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan, dan mengangkat derajat. Hari Jum’at sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan shalat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia.”
Jika seseorang mati pada hari Jum’at atau malamnya, Ia mati syahid dan membangkitkan dari kuburnya dalam keadaan aman. Diriwayatkan oleh al-Tirmidzi dalam Sunan-Nya, dari hadits Abdullah bin Amr Radhiyallahu ‘Anhu, dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,

“Tidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jum’at atau malam Jum’at melainkan Allah melindunginya dari siksa kubur.” (HR. Al-Tirmidzi, no. 1043)

Muhammad Fawwaz Naufal

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls