Lanjutan Hukum Syarat-Syarat dan
Rukun Sembahyang pada artikel sebelumnya. (Al-fatihah)
Pertama : Soal tentang Ta’auwudz
itu, diucapkan di tiap-tiap rakaat. Apa Ta’awudz ? Ta’awudz adalah meminta
perlindungan Allah dari godaan setan dengan bacaannya seperti
“Audzubiillahiminasyaithhon Nirajim”.
Kata Abu Hanifah Ta’awudz:
Diucapkan dirakaat pertama saja. Kata Malik:Tidak boleh berta’auwudz dalam
sembahyang fardhu. Dihikayatkan dari An Nasa’y dan Ibnu Sieren bahwa ta’awudz
itu diucapkan sesudah qira-ah atau membaca fatihah.
“Qira-ah atau membaca Fatihah ini
fardhu atas imam, atas munfarid dalam segala rakaat sembahyang lima”.
Pendapat ini disetujui Ahmad,
kata Abu Hanifah: Tidak wajib qira-ah itu melainkan dalam rakaat pertama dan
kedua saja. Dari Malik diperoleh dua riwayat, Pertama, sesuai dengan madzhab Asy-Syafie dan Ahmad.
Kedua, jika ditinggalkan qiraah dalam salah satu rakaat yang bukan sembahyang
shubuh hendaklah bersujud sahwi. Kalau dalam sembahyang shubuh di ulang lagi
sembahyang itu.
“Wajib qiraah fatihah atas makmum
dalam sembahyang sir, demikian juga dalam sembahyang jahar.”
Kata Abu Hanifah: Tidak wajib
qiraah atas makmum, baik imam menjaharkan ataupun mensirkan. Kata Malik: Tidak
diwajibkan qiraah atas makmum bahkan dimakruhkan apabila imam menjaharkan, baik
dapat didengar bacaan imam ataupun tidak. Kata Ahmad: Tidak wajib makmum
membaca Al-Fatihah dibelakang imam, jika dapat didengar bacaan imam.
Dihikayatkan dari Al Asham dan Al Hasan ibn Saleh, qiraah itu sunat.
Al-Qur’an (bacaan Al-Qur’an yang
difardhukan dalam sembahyang), ialah: Al-Fatihah.
Begini juga pendapat Malik dan
Ahmad. Menurut Abu Hanifah, sah juga dibaca selain Al-Fatihah, selama itu masih
ayat suci al-qur’an.
Bismillah (Dengan Nama Allah Yang
Maha Pengasih dan Penyayang) adalah suatu ayat pembuka. Ayat ini wajib dibaca
beserta Al-Fatihah. Begini juga pendapat Ahmad. Kata Abu Hanifah dan Malik:
Bukan suatu ayat dari Al-Fatihah, yakni tidak wajib dibaca.
Pembacaan Bismillah itu
dijaharkan, apabila Al-Fatihah dijaharkan”. Kata Abu Hanifah dan Ahmad: Bacaan
Bismillah itu disirrkan. Menurut Malik, yang baik jangan dibacakan dan dimulai
dengan Allhamdulillah rabbil alamin.
Membaca Al-Fatihah tidak boleh terjemahnya dan
tidak boleh pula dalam bahasa lain.
Abu Hanifah, menurut satu riwayat
membolehkan. Kata Abu Yusuf dan Muhammad :Jika dapat membaca Al-Fatihah dalam
bahasa Arab maka tidak boleh ia membaca terjemahannya. Jika tak dapat membaca
Al-Fatihah dalam bahasa Arab, boleh. Contohnya seperti kalangan Mualaf yang
baru mengucapkan dua kalimat syahadat.
Boleh membaca Al-Fatihah dengan
melihat mushaf.
Kata Abu Hanifah: Tidak boleh.
Dari Ahmad diterima dua riwayat. Yang pertama sana dengan madzhab Asy-Syafie.
Yang kedua sama dengan Madzhab Malik, yakni boleh dalam sembahyang nafilah,
tidak boleh dalam sembahyang fardhu.
Ta’min dibaca dengan jahar oleh
imam dan ma’mum.
Menurut Abu Hanifah tidak
dijaharkan, baik oleh imam maupun oleh ma’mum. Kata Malik.Dijaharkan oleh ma’mum.
Pendapat Ahmad sesuai dengan pendapat Asy-Syafie dalam hal ini.
Selanjutnya membaca surat sesudah
Al-Fatihah disunatkan dalam sembahyang fadjar dan dalam dua rakaat yang pertama
dari sembahyang ruba’ijah dan maghrib. Hukum ini disepakati.
Tidak disukai membaca surat
sesudah Al-Fatihah pada rakaat yang ketiga dan keempat.Pendapat ini disepakati
oleh ketiga-tiga imam lagi. Menurut sunnah, Nabi pernah membacanya
sesekali. Alasan ulama diwaktu fajar
pagi sembahyang yang dilaksanakan kala itu terdiri hanya dua rakaat baik
sebelum shubuh, fardhu shubuh, dan isro dilakukan jam 6 pagi. Sementara di
waktu maghrib tiga rakaat sholat.
Menjaharkan surat ketika
menjaharkan Al-Fatihah, dan mengisrarkan surat ketika mengisrarkan Fatihah,
sunnat. Ini disepakati oleh para imam.
Sengaja menjaharkan ayat dalam
sembahyang yang sebaiknya diisrarkan, dan sengaja mengisrarkan dalam sembahyang
yang sebaiknya dijaharkan. Tidak merusakkan sembahyang; hanya dipandang
meninggalkan sunnah. Hukum ini disepakati.
Disukai para munfarid menjaharkan
ditempat jahar. Pendapat ini disetujui Malik. Menurut yang mansyur dari Ahmad,
tidak. Kata Abu Hanifah:Terserah kepada kemauan yang membaca sendiri.Boleh
dibaca sekedar ia mendengar sendiri, boleh dikeraskan, dan boleh diisrarkan.
No comments:
Post a Comment