Friday 15 April 2016

Maqam Dari Allah.SWT

       Melintasi “Maqamat” mulai dari Maqam Inabah dan Tobat terhadap Allah.SWT.  Apa sih maqamat itu ? Maqamat ibarat stasiun-stasiun berupa struktur tingkatan yang dianugerahkan Allah.SWT kepada orang yang taat dan beriman kepada Allah.SWT seperti Alim Ulama. “Para ulama adalah pewaris para Nabi” Mereka mewarisi ilmu agama karena terus belajar dan menyiarkannya.

Jika dipandang secara Personal, Maqamat adalah anugerah Allah.SWT terhadap hambanya baik berupa Asma, Sifat, maupun Dzat Allah.SWT yang terpancarkan melalui noor cahaya Nabi Muhammad.SAW terhadap hamba tersebut sehingga si hamba selalu merasa ringan dalam setiap melakukan ibadah terhadap Allah.SWT hingga nyaman dan tahan dalam menjalani roda kehidupan diatas sunahtullah kehidupan yang diciptakan Allah. Seperti hitam dan putih, kanan dan kiri, pahala dan dosa. Karena manusia tiada yang sempurna demikian pula karya ini.

Jika dipandang secara komunitas kelompok, Maqamat adalah anugerah Allah.SWT terhadap para hamba berupa kebaikan yang secara struktural terpancar kepada para hamba yang tergabung dalam komunitas itu dan semuanya berasal dari Allah.SWT Tuhan Seru Sekalian Alam Semesta dan Nabi Muhammad.SAW manusia pilihan terbaik Allah dan patut untuk kita teladani. Disini ada tingkatan formasi berbasiskan dua kalimat syahadat, “Tiada Tuhan Selain Allah dan Nabi Muhammad.SAW Utusan Allah” sehingga komunitas itu memiliki karakter mulia disisi Allah.SWT.

Jika dipandang dalam struktur pendidikan seseorang dalam meniti jenjang pendidikan dimulai dari tingkat dasar PAUD, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, D3, S1, S2. Selanjutnya mereka yang berhasil mendapatkan prestasi tertinggi di bidang pendidikan tak lain seperti Dokter, Profesor, Guru, dan Dosen.

Maqamat merupakan struktur formasi jenjang tingkatan anugerah yang diberikan Allah.SWT terhadap manusia pilihannya. Baik secara vertical maupun horizontal terlihat bak pohon yang besar lagi tinggi dengan ranting cabang dan dedaunan yang melengkapinya menjadi sesuatu yang berguna di kehidupan kita.

Seseorang yang mendapatkan anugerah maqamat dari Allah.SWT bermula dari Maqamat Inabah dan Tobatnya kepada Allah.SWT. Dalam hidup tiada yang sempurna, kadang seseorang jatuh khilaf dan lalai di waktu remajanya hingga  terjerumus ke dalam dosa dan kesalahan yang dilarang Allah.SWT, hingga tiba sewaktu dirinya menyadari bahwa apa yang dilakukannya itu adalah kesalahan lalu dirinya kembali kearah kebenaran dan bertobat kepada Allah.SWT. “Disinilah Allah menganugerahi seseorang itu dengan maqamat tobat sebagai jenjang awal atau dasar mereka untuk kembali kepada Allah yang maha tinggi lagi maha sempurna”. Jika hamba itu terus dan istiqamah dengan selalu setia terhadap apa yang diajarkan Nabi Muhammad.SAW dengan terus meneladaninya, Allah SWT akan menganugerahkan Maqamat lainnya secara struktur yang lebih tinggi bahkan tak lepas kemungkinan maqam tertinggi seperti para Aulia Allah miliki berupa Maqamat Qutub dan Ghaust.


No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls