Sunday 9 June 2013

Alhamdulillah Sebentar Lagi Bulan Ramadhan


Alhamdullilah (Segala Puji Bagi Allah Tuhan Seru Sekalian Alam ), tanpa terasa sebentar lagi memasuki bulan mulia yang ditunggu-tunggu hamba Allah yang bertakwa kepadanya. “Bulan Ramadhan”, bulan yang Indah lagi penuh berkah didalamnya. 
Pada bulan Ramadhan seluruh umat muslim se-dunia beraktifitas dengan memperbanyak ibadah, dan ibadah wajib diantaranya adalah puasa selama satu bulan penuh disamping sholat lima waktu. Di ikuti dengan ibadah lainnya diantaranya seperti sholat tarawih, zikir, membayar zakat, sedeqah, sholat malam (Tahajud), dan memperbanyak membaca ayat suci al-Qur’an.  
Semua Ibadah yang kita laksanakan pada bulan Ramadhan kita niatkan iklash karena Allah dengan harapan mendapatkan “Keridhoan Illahi Rabbi”. Syukur Alhamdulillah jika di beri hadiah oleh Allah di malam “Lailatul Qadr” dengan terbukanya hijab dan rahasia pada malam itu, disamping terus berikhtiar dengan memperbanyak ibadah mencari malam lailatul Qadr sepanjang malam nan indah di bulan Ramadhan.
Di bulan Ramadhan inilah diturunkan ayat suci Al-Qur’an permulaan untuk bekal petunjuk dan pegangan hidup bagi manusia.

Nah lantas sudahkan Anda mempersiapkan diri Anda dalam menyambut datangnya bulan mulia yang didalamnya banyak keberkahan dan keutamaan ?

Beberapa ayat suci Al-Qur’an yang menjelaskan tentang Bulan Ramadhan serta puasa pada Bulan Ramadhan, yaitu Surat Al Baqarah ayat 183-185:



 
183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi Makan seorang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan[114], Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.
185. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). karena itu, Barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan Barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
[114] Maksudnya memberi Makan lebih dari seorang miskin untuk satu hari.

Ya Allah ampunilah kami dan naungilah kami selalu dengan curahan kasih sayangmu. Berilah kami petunjuk dan hidayahmu dalam beribadah dan taat terhadapmu. Ya Allah kami berserah kepadamu dan menyerah padamu, bimbinglah kami selalu dalam menjalani kehidupan ini. Ya Allah engkaulah maksud dan tujuan kami, dan keridhoanmulah yang kami cari.

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls