Monday 16 January 2012

ARAB SAUDI

Kerajaan Arab Saudi merupakan salah satu negara di Dunia Islam yang cukup strategis, karena di negara itu terdapat Baitullah di Makkah yang menjadi pusat ibadah haji kaum muslim seluruh dunia. Negara ini memiliki catatan sejarah panjang tentang asal usul manusia, mulai dari Nabi Adam. AS hingga Nabi Muhammad.SAW hidup dan melaksanakan tugas kekhalifahannya.
Arab Saudi juga merupakan negara terluas ke 12 di dunia, menempati sebagian besar jazirah Arab, semenanjung yang memisahkan Laut Merah di barat dan Teluk Persia di Timur. Luas keseluruhan negara yang sebagian besar dihuni oleh umat Islam serta wilayahnya diselimuti padang pasir.
Negara ini juga sering menjadi rujukan dalam dunia pendidikan Islam karena di negara tersebut terdapat beberapa universitas seperti King Abdul Aziz di Jeddah dan Ummul Qura di Makkah yang menjadi tempat belajar banyak pelajar Islam dari seluruh dunia.

Pemerintah Saudi bermula dari bagian tengah semenanjung (jazirah) Arab yakni pada tahun 1750 ketika Muhammad bin Sa’ud bersama dengan Muhammad bin Abdul Wahhab bekerja sama untuk memurnikan agama Islam yang kemudian dilanjutkan oleh Abdul Aziz Al Sa’ud atau Abdul Aziz Ibnu Su’ud dengan menyatukan seluruh wilayah Hijaz yang dulu dikuasai oleh Syarif Husain dengan Najd.

Pada tahun 1902 Abdul Aziz menguasai Riyadh dari penguasa Al-Rashid, kemudian Al-Ahsa kemudian wilayah nejed antara tahun 1913-1926. Pada tanggal 8 Januari 1926, Abdul Aziz menjadi penguasa wilayah Najd. Dengan menandatangani perjanjian di Jeddah pada tanggal 20 Mei 1927 Arab Saudi menyatakan kemerdekaannya. Pada tahun 1936 wilayah itu diresmikan sebagai Kerajaan Arab Saudi.
Negara Arab Saudi merupakan eksporter minyak mentah terbesar di dunia. Pertumbuhan pendapatan perkapita penduduknya mencapai urutan ke-4 dunia, menjadikan Arab Saudi sebagai negara termakmur di dunia, dengan pertumbuhan ekonomi yang pernah mencapai 20 %.
Saat ini Arab Saudi tidak saja dibanjiri oleh jamaah haji dan umrah, namun juga oleh pencari kerja dari berbagai negara.
Nama Asli : Al-Mamlakah, Al-Arabiyah As-Saudiyah
Ibu kota : Riyadh
Kepala Negara : Raja Abdullah bin Abdul Aziz (2005 s/d sekarang)
Agama : ISLAM
Penduduk : 25.600.000 (PBB,2005)
Usia Harapan Hidup : Pria 70 tahun, Wanita 74 tahun.
Luas Wilayah : 2.331 Km2
Bahasa Utama : Arab
Mata Uang : Riyal (1 Riyal : 100 Halalah)
Lagu Kebangsaan : As-Salam Al-Malaky As-Saudi
Hasil Tani : Kurma, Gandum, Barli, Buah-Buahan
Sumber Alam : Minyak, Gas, Emas, Perak, dan Besi
Ekspor Utama : Minyak, Gas, Sereal
Industri : Pengelolahan Minyak, Petrokimia, Semen, Pupuk, Plastik
Kode Telepon : +966
Pendapatan Perkapita : US$ 10.430 (Bank Dunia data 2005)

No comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls